Seuhahnya Sambal Cibiuk


sambal cibiukSambal khas kecamatan Cibiuk, kota Garut ini mulai terkenal beberapa tahun belakangan ini.

Walau saya belum berkesempatan mencicipi atau melihat bentuknya, saya nekat membuatnya untuk sajian makan malam beberapa hari yang lalu.

Mungkin penampilannnya agak berbeda memang dengan sambal cibiuk yang asli. Tetapi paling tidak saya menggunakan bahan dasar yang harus ada dalam sambal tersebut yaitu tomat hijau, cabe rawit, kemangi, kencur, dan pokpohan.

Pokpohan berguna untuk meredam panas yang mungkin ditimbulkan cabe rawit karena prinsip sambal cibiuk adalah pedas tapi tidak panas.

Menurut sumber yang tersebar di masyarakat Kecamatan Cibiuk, bahwa resep sambel Cibiuk dibawa dari Arab. Terlepas benar atau tidaknya, sambel yang dibuat di kecamatan cibiuk ini mempunyai perbedaan dengan sambal-sambal lainnya karena dibuat dari bahan: tomat hijau, serawung, cabe rawit dan bumbu lainnya. Walaupun pedas tetapi tidak akan menimbulkan panas pada perut yang menkonsumsinya. Karena terkenalnya, maka sekarang restoran dengan menu sambel Cibiuk sudah ada di berbagai kota besar khususnya Bandung dan Jakarta. Sambal Cibiuk mulanya hanya disajikan bila ada tamu Istimewa atau Agung. Jaman dahulu sambal ini hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Cibiuk dan para pejabat saja, tetapi seiring perkembangan peradaban maka sekarang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Rumah makan sambal Cibiuk yang ada saat ini di Kecamatan Cibiuk adalah keturunan-keturunan langsung dari pemegang resep Sambal Cibiuk yang khas. Akan tetapi untuk sekadar mengenal saja seperti apa sambal Cibiuk, Anda dapat memesannya di berbagai rumah makan di Garut Kota, Tarogong dan sekitarnya misalnya di Jl. OTISTA dan Jl. Veteran.

sumber: garut.go.id

Bahan:

  • 5 buah cabe rawit
  • 3 buah cabe hijau
  • 1 ikat kemangi atau serawung, diambil daunnya
  • 10 lembar daun pokpohan
  • 1 cm kencur
  • 3 buah tomat hijau, dipotong -potong
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt terasimasak
  • 2 sdt gula merah, disisir

Cara membuat:

  • Gerus (ulek) cabe rawit, cabe hijau, kencur, garam, dan terasi.
  • Tambahkan gula merah, gerus lagi
  • Masukan daun kemangi, daun pokpohan, dan tomat, gerus kasar
  • Sajikan

Sambal ini paling enak dicolek dengan tempe goreng yang masih panas, seuhah deh pokoknya 😀

0 Comments

Add yours
  1. 4
    bunda daffa

    mbak…..daun pokpohan itu cuman ada di garut doang ya?klo di tempatku ada gak ya?………….

  2. 5
    hes

    @bunda daffa: memangnya bunda tinggal dimana? setahu saya sih daun ini banyak kok dijual di pasar tradisional atau di supermarket. tetapi kalo emang sulit mendapatkannya tidak digunakan juga gapapa kok 🙂

  3. 10
    hes

    @bunda daffa: hahahaha, iya ini juga saya iseng nanya ama teman kebetulan skripsinya agak menyinggung soal pokpohan ini 😆 hehehe

+ Leave a Comment

four + 6 =