Apel Gue Kok Jadi Coklat Sih?


Dalam ilmu pangan, gejala itu dinamain browning atau pencoklatan. Yaitu, kebentuknya warna coklat pada bahan pangan secara alami atau karena proses tertentu. Yang pasti bukan akibat zat warna.

Terus napa? Pada kelompok buah-buahan kaya apel, pir, salak dan juga kentang, proses pencoklatan yang ngga dikehendaki itu terjadi karena enzim tertentu yang terkandung didalam buah-buahan itu bereaksi dengan oksigen. Makanya kalo buah belom dikupas, dianya belum coklat, mungkin belum ketemu sama si oksigen :p

Supaya apel kita ngga coklat (karena sehabis dikupas kita perlu mondarmandir dulu sebelum memakannya) ada caranya. Setelah apel dikupas kita bisa lakukan proses pemanasan (istilah kerennya blanching). Apel bisa direndam dalam air panas atau dikenai uap panas kira-kira 3 menit. Selanjutnya, direndam dalam larutan vitamin C, dengan ukuran 200 miligram per liter (dalam 1 liter air diberi tablet kecil vitamin C). Maksudnya, untuk menonaktifkan enzim penyebab pencoklatan itu. Karena ngga punya vitamin C yang dimaksud, saya menggantinya dengan tetesan jeruk lemon (murah:p).

Ribet? Makanya jangan mondarmandir kalau mau makan apel atau dibikin pai aple ajah! 🙂

Sumber:PanganPlus

Categories

+ There are no comments

Add yours

eight + 13 =