Ayam Kodok


ayamkodok

Hari minggu kemarin kami berbuka puasa bersama di rumah. Potluck buka puasa :mrgreen: Setiap keluarga membawa makanan dan minuman yang sudah dipersiapkan dari rumah. Kakak-kakak ipar saya membawa makaroni schotel kukus, es buah, dan puding ketan hitam. Alhamdulillah. Yang paling seru yah berkumpulnya karena agak jarang juga bisa begini 😉

Kata ‘potluck’ berasal dari kata ‘potlatch’ atau  ‘pot lucke’ yang artinya kurang lebih ‘beruntung mendapatkan sesuatu (makanan) dari dalam panci’. Kebiasaan mengadakan pesta atau kumpul-kumpul dengan makanan saweran ini dilakukan oleh orang Amerika. Prinsipnya, tiap tamu boleh membawa makanan seukupnya untuk kemudian dinikmati bersama dengan tamu yang lain. (detikfood)

Saya menyiapkan ayam kodok yaitu ayam yang berisi adonan ayam giling yang berbumbu. Ayam kodok merupakan salah satu masakan yang ingin sekali saya coba buat entah dari kapan.

Ini adalah pertama kalinya saya membuat ayam kodok. Tapi untuk eksperimen pertama kali walau masih jauh dari sempurna, saya rasa saya cukup berhasil.  Paling tidak dari segi penampilan, tampilan ayam kodok saya cukup menggugah selera Rasanya? Woaa saya ngga berani menilaii. Hehe ..

Ayam Kodok

Bahan:

  • 1 ekor ayam
  • 500 gr daging ayam giling
  • 250 gr daging sapi giling
  • 2 potong roti tawar, rendam dalam kaldu ayam, kemudian peras
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bumbu oles:

  • 1 sdm margarine
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bahan saus:

  • 2 sdm margarine
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 500 ml kaldu ayam
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 sdm maizena yang dilarutkan dalam 1/2 cangkir air matang

Cara membuat:

  1. Keluarkan daging ayam dan tulang dari kulitvideo cara menguliti ayamSisihkan
  2. Campur ayam giling, daging giling, roti, telur ayam,gula, garam dan merica, aduk rata
  3. Masukkan adonan isi ke dalam kulit ayam hingga membentuknya kembali seperti ayam utuh
  4. Jahit bagian leher dan bagian bawah ayam kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. hal ini untuk mencegah kulit ayam robek saat dikukus.
  5. Kukus dengan api sedang selama 1 jam.
  6. Keluarkan ayam kodok dari dandang
  7. Oles ayam dengan bahan oles, panggang sekitar 30 menit. Selama memanggang olesi ayam sesekali dengan bahan oles. Ayam akan tampak berwarna coklat keemasan akibat gula (madu dan kecap) yang berkaramel.
  8. Saus: Tumis bawang bombay dengan margarine hingga layu, tambahkan kaldu; kecap; garam; gula; merica, masak hingga mendidih, masukkan larutam maizena, aduk hingga mengental, angkat

Pelengkap: Kentang goreng dan sayuran rebus

Lama persiapan: 30 menit
Lama memasak: 1 jam 30 menit
Untuk 8-10 orang

ayamkodokpotong


2 Comments

Add yours
  1. 1
    harry Christian

    Saya pernah makan ayam kodok. Enak banget. Ayamnya tanpa tulang.Tapi saya bingung bagaimana cara membuat tulang ayam bisa keluar dari ayamnya. 😀 Isinya malahan seperti daging ayam yang cincang halus dan berbagai macam bumbu. Apalagi dimakan dengan nasi panas dan dicampur dengan Sausnya…Maknyuusss bener 😀 Saya copy ya mba resepnya. Mau kasih mama saya resepnya. Biar mama bisa buat.. 😀

  2. 2
    bundadaffa

    dari dulu ngebayangin kepengen bikin yang seperti ini,tapi sampe sekarang mentok di ngebayangin aja,hehehe……….,tapi beneran nih mbak hes,fotonya menggugah selera,mau donk…………..

+ Leave a Comment