Ayam Kremes dan Sambal Mangga


Dua hari setelah lebaran, mamah dan adik-adik mengantarkan saya pulang ke Depok. Kebetulan sejak hari pertama lebaran kami menginap di rumah orang tua saya di Bogor.

Sayangnya Wicak tidak bisa ikut karena setelah solat id suami saya ini harus berangkat ke San Fransisco untuk tugas liputan.

Sedih banget karena selain lebaran-lebaran gini masih harus kerja jauh pula dari keluarga juga saya yang khawatir sekali mengingat Pandemi flu H1N1 yang merebak di Amerika Serikat. Tapi tugas is tugas jadi hanya bisa berdoa dan berharap ia selamat di perjalanan dan sehat selalu.

Dalam perjalanan pulang ke Depok, saya mengajak mampir sebentar di tempat makan untuk makan siang. Adik saya merekomedasikan Ayam Goreng Ny. Suharti di Cibubur. Ia dan istrinya sering mampir ke sana jika pulang ke Bogor.

Setahu saya adik saya termasuk pilih-pilih soal makanan jadi jika ia merekomendasikan tempat makan pasti makanan di tempat itu memang enak. Tapi selama perjalanan saya baru tahu kalau ternyata ia juga suka berwisata kuliner ke beberapa tempat di Jakarta.

Aah, rasanya sudah lama sekali sejak ia membongkar celengan saya dan menukarnya dengan batu baterai supaya celengan tetap berat πŸ˜† Sekarang ia sudah punya istri dan sebentar lagi menjadi ayah.

Ayam goreng kremesnya memang enak. Daging ayamnya lunak dan gurih. Terutama kremesnya yang pecah dan garing. Istimewa memang. Hanya saja dengan harga Rp. 65ribu per ekor ukuran ayamnya terlalu kecil :mrgreen: Hehe ..

Tapi tempatnya sangat menyenangkan. Cocok sekali membawa keluarga terutama dengan anak-anak. Halamannya luas dan banyak pohon. Disediakan tempat bermain anak-anakΒ  di sebuah ruang terbuka. Di dekat ruang tersebut terdapat bangku-bangku di bawah pohon yang teduh. Agak bergaya tradisional dengan banyak ukiran dan patung jawa.

Malam kemarin saya mencoba membuat ayam kremes. Walau tak seistimewa kremes dari ayam goreng Ny. Suharti tapi lumayanlah gurih dan garing πŸ˜‰Β  Untuk sambalnya, saya tak membuat sambal ayam goreng atau sambal jeruk limo seperti biasa, saya membuat sambal mangga.

Ayam Goreng Kremesayamgorengkremes

Bahan:

  • 1 ekor ayam (boleh dipotong-potong boleh utuh. kalau mau utuh pilih ayam yang agak kecil agar mudah di gorengnya)
  • 500 ml santan encer (sekali)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 buah lengkuas (kira-kira 5 cm), memarkan
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:

  • 6 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 6 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Rebus ayam bersama bumbu halus,Β  santan, salam, sereh dan lengkuas.
  2. Masak hingga ayam lunak, angkat, tiriskan
  3. Goreng dalam minyak panas hingga ayam terendam sampai kecoklatan
  4. Angkat, tiriskan

Bahan bumbu kremes:

  • 200 ml air rebusan ayam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 sdm tepung beras
  • Minyak bekas menggoreng ayam

Cara membuat:

  • Campur air rebusan ayam dengan tepung beras dan telur, aduk rata
  • Masukkan adonan ke dalam minyak anas sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk
  • Goreng hingga kecoklatan, angkat, tiriskan

Sambal Manggasambal_mangga

Bahan:

  • 4 buah cabai merah
  • 1 sdt terasi matang
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt asam matang
  • 1 buah gula merah, sisir
  • 2 buah mangga muda

Cara membuat:

  1. Gerus (ulek) halus cabai, terasi, dan garam
  2. Tambahkan asam dan gula merah, gerus halus
  3. Masukan potongan mangga, gerus agak kasar
  4. Sajikan

Terus terang saya tidak tahu jenis mangga yang saya gunakan. Saya kebetulan saja membelinya di pasar. Saya kira mangga muda yang biasa saya beli (agak keras dan masam biasa untuk rujak). Tapi ternyata berbeda. Mangga ini ukurannya kecil berwarna hijau (tidak kekuningan), serat dagingnya kasar, dan rasa buahnya agak manis asam. Kulitnya lebih mudah dibuka tanpa menggunakan pisau. Ditarik hingga menggelupas dari daging buahnya. Mangga apa ya?

14 Comments

Add yours
  1. 1
    Ayam Kremes dan Sambal Mangga | Update Blog Terbaru

    […] Ayam Kremes dan Sambal Mangga Dua hari setelah lebaran, mamah dan adik-adik mengantarkan saya pulang ke Depok. Kebetulan sejak hari pertama lebaran kami menginap di rumah orang tua saya di Bogor. Sayangnya Wicak tidak bisa ikut karena setelah solat id suami saya ini harus berangkat ke San Fransisco untuk tugas liputan. Sedih banget karena selain lebaran-lebaran gini masih harus kerja jauh pula […] AKPC_IDS += “11552,”;Popularity: unranked [?] […]

  2. 5
    aribicara

    Kalau Sambal Mangganya tambahin Terasi udang enak kaga yach ?

    Atau disesuaikn selera ? πŸ™‚

    Salam πŸ™‚
    *Simbok_ku bingung ga yach kl suruh buat beginian πŸ˜€

  3. 9
    Erfano Nalakiano

    aku mau coba yang sambal mangga….Di rumah (di kampung halaman), nanas dan mangga sering kali jadi campuran sambal! πŸ˜›

  4. 11
    wong cilik

    kunjungan pertama…
    duh kayaknya kalo kesini pas lagi mau makan dan lagi gak ada lauk aja deh..
    pasti dengan ngeliat gambar-nya aja bisa makan nasi doang dengan lahap πŸ˜›

  5. 12
    hes

    @wong cilik: haha, nasi dicocol ke monitor kalo gambarnya sambel? πŸ˜†
    thx kunjungannya mas sigit, biasanya ketemunya di rumahkayu πŸ˜‰

+ Leave a Comment

three × three =