Ayam Ungkeb Sambel Pecel


Saya menggunakan Kemangi Sambel Pecel tidak pedas yang tinggal separuh untuk mengungkeb daging ayam untuk makan malam kemarin malam. Saya sedang ngga mood untuk memasak dengan banyak bumbu lagi pula persediaan bumbu juga sudah habis karena tukang sayur tak lewat karena hujan.

Ungkeb adalah merebus bahan bersama dengan bumbu-bumbu hingga air meniris dan bahan matang atau setengah matang. hes

Saya mempunyai sekitar 250 gram daging ayam yang saya bekukan di dalam kulkas. Untuk memasak daging ayam atau daging yang dibekukan maka ayam/daging tersebut perlu dicairkan terlebih dahulu.

Untuk mencairkan daging ayam beku dibutuhkan waktu beberapa jam. Tetapi hindari pencairan di suhu ruang sebaiknya pencairan dilakukan  di dalam lemari es untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Apabila ingin segera memasaknya pencairan dapat dilakukan dengan mengalirkan air pada ayam/daging beku yang masih berada dalam kemasan.

Ayam Ungkeb Sambel Pecelayamungkeb

Bahan:

  • 250 gram daging ayam
  • 150 gram sambel pecel (saya menggunakan Kemangi Sambel Pecel )
  • 150 gram air matang
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat:

  1. Bersihkan ayam
  2. Rebus ayam dengan air sekitar 5 menit buang air rebusan (saya biasa membuang air rebusan pertama untuk menghilangkan bau amis pada ayam atau merendamnya terlebih dahulu dengan jeruk nipis sebelum diolah lebih lanjut)
  3. Ungkeb ayam dengan air matang dan sambel pecel hingga air meniris dan ayam empuk
  4. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng

Karena sambel pecel sudah berbumbu berikut rasa asin dan manis jadi saya tak perlu menambahkan apa-apa lagi.  Simple dan cepat. Wicak bilang sih rasanya enak. Entah karena Kemangi Sambel Pecelnya yang sudah enak atau karena saya yang memasak 😉 Haha ..

4 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

3 × two =