Ayam Woku Manado


Kemarin malam saya minta tolong suami membelikan lauk untuk makan malam karena saya tidak sempat memasak.

Saya sih ngga berharap dibelikan yang lain selain ayam goreng atau martabak karena harus maklum dong sudah malam dan tentunya ia capai sepulang kerja. Supaya tidak terlalu repot tentunya lebih gampang mencari tempat makan yang terdekat dari pemberhentian angkutan umum.

Tapi wuah malam ini ternyata ia membawakan sesuatu yang lain. Dari minyak yang menempel di plastik dan kuah kental yang terlihat saya sudah pastikan makanan ini pasti sarat bumbu dan rempah. Jadi ngga sabar untuk membukanya dan menuangkannya ke dalam mangkuk.

Kuah kental dan potongan ayam ‘mengalir’ dari dalam plastik. Aroma pertama yang tercium adalah aroma pedas cabai hijau. Kemudian disusul aroma pekat bumbu dan khas segarnya kemangi. Slurp!

Saya sedang tidak enak badan tetapi mencium gelagat kalau masakan ini pasti enak, saya jadi semangat. Nasi, ayam woku manado, dan segelas air putih membuat perut saya menghangat. Segar sekali.

Dugaan saya tidak meleset. Ayam sarat bumbu khas manado ini enak sekali. Karena tergesa ingin mencicipi, saya lupa mendokumentasikannya 🙁

Ikan Mas Woku – Manado*

BAHAN :

  1. 1 kg ikan mas
  2. 2 sendok makan air jeruk nipis
  3. 5 lembar daun jeruk purut
  4. 1 lembar daun kunyit, diiris halus
  5. 2 batang serai, dimemarkan
  6. 300 ml air
  7. 2 ikat kemangi diambil daunnya
  8. 2 batang daun bawang, iris tebal
  9. 5 sdm minyak untuk menumis

BUMBU HALUS :

  1. 5 buah cabai merah
  2. 10 buah cabai rawit
  3. 8 butir kemiri
  4. 2 cm kunyit, dibakar sebentar
  5. 2 cm jahe, dibakar sebentar
  6. 3 buah tomat
  7. 2 sendok teh garam

CARA MEMBUAT :

  1. Bersihkan ikan lalu rendam dalam air jeruk nipis, sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Masukkan daun jeruk, daun kunyit, dan serai
  4. Masukkan ikan, aduk
  5. Tuangkan air, kecilkan api, masak sampai ikan matang dan bumbu meresap.
  6. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang, daun kemangi, aduk
  7. Angkat

Masakan ini merupakan salah satu menu di warung tenda Pesona Manado Manado’s Food di Jl. Margonda (dekat Ramanda). Warung ini menawarkan masakan khas Manado lainnya yang pasti ngga kalah enaknya karena pemiliknya adalah mantan chef di rumah makan Pesona Manado suami saya beruntung sempat bercakapcakap dengan beliau 😀

Thx ya, Pa ..

0 Comments

Add yours
  1. 7
    hes

    @septia: iya kayanya sudah tutup padahal saya belum coba 😕 manado ffod juga sudah tutup sepertinya mba septia. ngga bertahan lama padahal makanannya enak. dulu sih di depan ramanda warung tenda gitu kalo saya ga salah 🙂

  2. 8
    septia rani

    @hes oo trnyata jg udah tutup..brti warung masakan menado yg ada ddpok tinggal warung basombar aja ya yg ada d depan bank BNI margonda..itupun saya blm prnh coba.

  3. 9
    hes

    @septia: woah yang itu saya malah belum tahu 😛 harus segara dicoba nih sebelum tutup juga eh mudah-mudahan sih bisa bertahan ya 😉 thx yaa ..

+ Leave a Comment

twenty + fifteen =