Baklava

Baklava


Pertama kali mencicipi baklava adalah empat tahun silam di anniversary kami yang keenam di restoran Turki yang dikantong kami rada-rada berat. Tapi demi morantis dinner ngga apa-apalah setahun sekali ?

Rasanya selangit, uenaaaaak. Tapi itu satu-satunya baklava yang kami cicip setelah itu ngga pernah lagi.

Dari dulu kepikiran pengen nyoba bikin. Liat video pembuatannya bolak balik sampe hapal. Tapi pastri filo-nya ngga pernah saya temuin di Indonesia. Ngga berusaha nyari juga sih. Hadeuh.

Terus ada temen yang share resep baklava pakai puff pastry sheet. Naaah ide menggunakan puff pastry sheet yang sudah banyak dipasaran itu sangat menolong. Isinya dihemat juga dengan penggunaan kacangkacangan yang gampang dicari kaya mede dan almond slice. Padahal kacang pistachio itu yang paling khas dr baklava tapi karena muahal jadi saya skip ? Lumayan hasilnya untuk baklava versi modifikasi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan-bahan:

10 lembar puff pastry sheet siap pakai
100 gram kacang mede panggang, cincang kasar
100 gram almond slice panggang
50 gram kismis
100 ml air
100 gram gula pasir
2 sdm air jeruk nipis
50 gram mentega, cairkan

Cara membuat:

Giling tipis pastry sheet. Taruh dalam wadah/loyang yang sudah diolesi butter. Bisa dialasi baking paper dahulu. Olesi pastry sheet dengan mentega cair

Lakukan berulang hingga tertumpuk 4 pastry sheet. Lalu taburi dengan mede cincang dan almond slice yang sudah dipanggang.

Tutup dengan pastry sheet yang sudah di giling tipis. Olesi dengan mentega cair lalu tumpuk lagi. lapisan ini sebanyak 3 kali (pastry sheet mentega pastry sheet mentega)

Taburi lagi dengan kacang dan kismis. Lalu tumpuk lagi dengan pastry sheet mentega sebanyak 3 kali. Lalu kerat-kerat.

Panggang dengan api sedang atau sekitar 180 derajat celcius sekitar 30menit atau sampai pastry kecoklatan dan matang.

Sementara baklava sedang dipanggang buatlah sirup gula dengan merebus gula pasir dengan air sampai gula larut dan air sedikit berkurang sekitar 50 ml. Tambahkan air jeruk nipis. Angkat.
Angkat baklava yang sudah matang lalu siram dengan sirup gula. Simpan dalam kulkas. Baklava akan melunak setelah terkena cairan sirup gula tapi akan mengeras kembali setelah didinginkan.

+ There are no comments

Add yours

three + 16 =