Balada Keripik Kentang


kentang-balado.jpgBalada eh balado keripik kentang jadi andalan saat sedang tidak ada lauk. Biasanya dikombinasikan dengan teri dan kacang goreng.

Balado keripik kentang ini mudah membuatnya tetapi memakan waktu yang cukup lama. Jadi harus benar-benar menyempatkan diri dan meyiapkan waktu cukup banyak untuk mengolah penganan yang satu ini.

Bahan:

  • 1/2 kg kentang, kupas, iris tipis-tipis, cuci bersih
  • 2 buah daun jeruk, iris tipis
  • 2 sdm air asam masak
  • 5 sdm minyak goreng

Bahan yang dihaluskan:

  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 buah bawang putih
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  • goreng hingga kering kentang yang telah diiris tipis, sisihkan
  • tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun jeruk, dan air asam hingga masak
  • matikan api
  • masukan kentang, aduk rata
  • siap disajikan

Gud lak!

*Postingan ulang. Postingan awal dibuat tanggal 1 Juli 2008.

12 Comments

Add yours
  1. 1
    dimas

    Wah setuju nih, bisa disimpen lama nggak ya? soalnya lagi perlu menu makanan kering yang bisa disimpen lama jadi kalo lagi nggak sempet masak bisa makan itu aja. Mau dong menu makanan kering! 🙂

  2. 2
    Wicak Hidayat

    biasanya bisa berapa lama ya? kalo kering banget mungkin bisa sebulan. belom pernah diuji berapa lamanya, soalnya biasanya seminggu udah abis dicemilin. hehehe.

  3. 4
    sinta

    Hmmm…….kayaknya enak ya. tapi kalo nggak buat lauk bisa nggak ya….kalo selain kentang apa ubi gitu yang dibalado bisa apa nggak?kan unik tuh kalo ubi.

  4. 5
    hes

    @CinTa: katanya sih sebaiknya direndam dulu dengan air kapur supaya lebih crispysetelah digoreng. tetapi saya jarang menggunakan trik itu 🙂
    @sinta: buat cemilan enak juga kok. saya juga pernah coba bikin pake ubi yang dipotong korek api dan digoreng kering, rasanya agak beda. lebih manis karena ubinya manis 🙂

  5. 10
    ugi

    memang enak kentang balado buat cemilan atau teman untuk nasi
    aku juga suka bikin kentang & ubi di potong memanjang seperti korek dikasih bumbu balado & pakai teri mesan lebih enak juga tuh.selamat mencoba

+ Leave a Comment

six + 9 =