Bandeng Goreng Kremes


Bandeng termasuk ikan yang berduri banyak (baca: buanyaaak). Duri halusnya yang berada di antara daging membuatย  ikan ini lumayan sulit dimakan jika hanya menggunakan sendok garpu saja.

Biasanya menikmati bandeng lebih enak langsung menggunakan tangan. Menelisik permukaan daging, mencari duri-duri halus, mencabut dan membuangnya, baru melahap dagingnya. Menurut saya makan ikan ini repot dan lama ๐Ÿ˜

Apa ada cara lain menikmati bandeng -yang sebenarnya enak kalo ngga pake repot- โ“

Ada tentu saja. Banten punya sate bandeng, Gresik punya otak-otak bandeng, dan Semarang punya bandeng presto. Ketiga produk ini adalah tawaran menyantap bandeng tanpa repot dengan duri. Semuanya enak. Semuanya Khas.

Saya pernah mencoba membuat pindang bandeng dengan merebus ikan bandeng cukup lama supaya durinya lunak. Tetapi agak kurang berhasil walaupun bumbunya sudah meresap ke dalam daging ikan dan cukup syedap (aih ge er) tetapi duri halusnya masih belum cukup lunak sehingga masih cukup mengganggu.

Kali ini saya mencoba membuat bandeng tanpa duri dengan cara lain. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan pengolahan sate bandeng. Hampir sama walaupun tidak serupa ๐Ÿ˜‰

Jika sate bandeng Banten pengolahannya dilakukan dengan proses pembakaran, saya memasak bandeng tanpa duri ini dengan cara pengukusan.

Bandeng Kukus Tanpa Duribandeng_kukus

Bahan:

  • 1 ekor bandeng
  • 50 ml santan kental
  • 3 siung bawang putih, iris
  • ยฝ sendok teh lada
  • 1 sendok teh garam
  • kertas alufoil atau daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan, buang insang dan kotorannya lewat insang (jangan robek perut ikan)
  2. Pijat keras atau pukul-pukul ikan dengan batu ulekan hingga daging terasa lunak (tidak lagi kenyal)
  3. Tarik tulang ikan bagian tengah melalui lubang insang hingga kulit ikan akan tertarik masuk. Proses ini akan membuat kulit ikan bagian dalam menjadi di luar
  4. Ambil dagingnya (kerok daging ikan yang melekat pada kulit dengan sendok), buang duri yang terlihat, bersihkan kulit ikan yang sudah tak berdaging
  5. Campur daging ikan, santan kental, bawang putih, lada dan garam
  6. Haluskan daging ikan dan campurannya dengan menggunakan blender hingga rata dan halus (biasanya jika adonan tercacah halus, duri ikan yang kecil ikut tercacah)
  7. Balik kulit ikan (seperti membalik baju :mrgreen: ) hingga ke posisi semula -bagian kulit luar di luar
  8. Masukan adonan kembali ke dalam kulit (bagian kepala di buang)
  9. Ratakan di seluruh badan ikan sisa adonan
  10. Bungkus dengan kertas alufoil atau daun pisang
  11. Kukus selama kurang lebih setengah jam
  12. Angkat ikan yang sudah matang dan dinginkan

Bandeng kukus ini bisa diolah lagi menjadi menu makanan lain sesuai selera ๐Ÿ™‚

Bandeng Goreng Kremesbandengkukus

Bahan:

  • Bandeng kukus, potong-potong sesuai selera
  • 2 telur, kocok lepas
  • 100 gram tepung roti (bukan tepung panir)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Gulingkan potongan bandeng di dalam telur kocok
  2. Balut dengan tepung roti
  3. Gulingkan kembali di dalam telur kocok
  4. Balut dengan tepung roti
  5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan

Menurut ahlinya, Wicak pernah bercerita, tekstur makanan yang kontras akan membuat makanan terasa lebih enak. Contohnya pada bandeng goreng kremes ini. Tekstur garing di luar dan lembut di dalam dan rasa gurih daging ikan membuat keseluruhan makanan ini terasa lebih syedap. Ini bukan promosi kan, hes? ๐Ÿ˜†

Gud lak!

11 Comments

Add yours
  1. 2
    anny

    Waw ini resep spektakuler Hes, nuhun nya, biasana lamun masak bandeng dicabe beureuman wae, tapi ieu mah meni nyeni ๐Ÿ˜€
    Eh biar bandeng gak bau tanah harus diapain ya?

  2. 3
    aribicara

    makin kreatip juga nich menunya ๐Ÿ˜€

    Kalau aku biasanya baru tahu yg namanya Bandeng Presto ๐Ÿ™‚

    jadi pengin Nyoba Nich, sayangnya di Ygya aku lom pernah liat nich makanan ๐Ÿ™‚

  3. 6
    hes

    @WH: kalo makanan yang lembut di luar crispy di dalem enak juga ga? :mrgreen:
    @anny: hahaha nyeni atuh teh, da masakna oge sambil joged ๐Ÿ˜†
    @aribicara: minta bikinin dong ri sama simbok ๐Ÿ™‚
    @melly: wah mel setahuku rasa makanan cuma ada 3 rasa: enak enak dan enak ๐Ÿ˜†
    @erfano: siiip pak guru ๐Ÿ™‚

  4. 11
    MasukDapur » Bandeng Goreng Isi

    […] Selain mencabuti duri-duri itu ada beberapa cara sih menikmati bandeng tanpa duri. Cara pertama yang biasa saya lakukan adalah menghaluskan daging ikan bandeng dengan blender seperti teknik yang saya gunakan untuk membuat otak-otak bandeng dalam bandeng goreng kremes. […]

+ Leave a Comment