Bandeng Presto Belado Saus Teriyaki


Oke kenakan kembali apron dan mulai lagi ‘masukdapur’.

Bayi kami menginjak usia 5,5 bulan 15Nopember ini. Kami masih memberikan dia ASI tanpa tambahan susu formula. Rencananya setelah usianya 6 bulan kami baru akan memberikan makanan padat pertamanya. Sekarang beratnya sudah 7 kg. Beratttt!

Sejak ia lahir, otomatis saya tidak punya banyak waktu luang untuk memasak dan atau bereksperimen mencoba berbagai penganan baru. Saya jadi punya kebiasaan baru, minta tolong suami beliin martabak atau memasak makanan cepat.

Makanan cepat disini tentu saja berbeda dengan fast food yang sudah menjamur di seantero dunia. Karena walaupun namanya fast food tetap aja bikinnya sebenarnya lama :p

Saya jadi terbiasa memasak dengan ringkas dan apa adanya. Apa adanya disini artinya apa yang ada di kulkas karena saya juga tidak punya banyak kesempatan untuk berbelanja.

Tukang sayur yang lewat hanya dua, yang pertama biasanya lewat sambil mendorong gerobaknya yang sudah kosong. Sementara yang kedua biasanya menimbun gerobaknya dengan satu jenis bahan pangan atau buah. Satu hari ada berkilo-kilo jeruk, hari lain penuh dengan segambreng bawang merah, satu waktu penuh dengan berplastik-plastik mangga matang, waktu yang lain sarat dengan ikan gabus asin.

Wuaduh ngga banyak pilihan karena biasanya selain timbunan-timbunan itu si abang cuma bawa kangkung, bayam, sawi putih, dan ikan tongkol (yang setiap hari pasti ditawarkan pada saya, mentang-mentang saya pernah bilang kalau suami saya suka sekali ikan tongkol :p).

dari www.pineapple-girl.comOia, soal makanan cepat tadi. Sekarang saya punya bumbu rahasia baru (selain saus dan kecap), saus teriyaki dan saus tiram. Karena saya harus memasak cepat dengan bahan seadanya, saya sekarang jadi sering membuat tumisan dan tumisan akan lebih sedap dengan tambahan salah satu dari kedua saus tersebut.

Salah satu makanan cepat yang pernah saya buat adalah bandeng presto belado saus teriyaki. Bikinnya cuma 10 menit. Sip!

Bahan:

  1. Bandeng presto 1 buah
  2. Cabai merah 6 buah (tergantung selera)
  3. Bawang putih 2 buah
  4. Saus teriyaki 3 sdm
  5. Minyak untung menggoreng
  6. Garam dan gula

Cara:

  1. Potong bandeng menjadi 3 bagian atau sesuai selera (ngga masalah kalau mau dibiarkan utuh), goreng dalam api panas, 10 detik! Sisihkan
  2. Haluskan cabai merah dan bawang putih dengan sedikit air dengan blender
  3. Tumis hingga harum dan air tiris, masukkan saus teriyaki
  4. Tambahkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh gula, aduk rata
  5. Lumuri bandeng goreng dengan saus yang sudah matang
  6. Siap disajikan dengan nasi hangat

Gud lak!

+ There are no comments

Add yours