Bandeng Tak Berduri


Beberapa waktu yang lalu saya pernah melihat sebuah baliho tentang anjuran mengkonsumsi ikan bandeng. Baliho itu juga ‘semacam’ mempromosikan ikan bandeng tanpa duri. Saya bertanya pada Wicak soal bandeng tak berduri itu, apakah bandeng presto atau otak-otak bandeng?

Suami saya itu menjelaskan soal ‘produksi’ ikan bandeng tanpa duri yaitu dengan cara mencabuti duri-duri bandeng dengan sebuah pinset. Tentu saja yang mengerjakannya adalah orang-orang yang sudah dilatih, bukan hanya tahu bagian tubuh mana terdapat duri dan juga mungkin lihai menggunakan pinset untuk mencabut duri-duri yang tipis.

Woah! Well yah saya takjub. Tetapi pasti ikan-ikan bandeng seperti ini akan dijual dengan harga yang relatif jauh lebih mahal. Daging ikan bandeng memang enak sih tetapi yah memang tak bisa disangkal duri-duri itu mengganggu kenikmatan memakannya.

Tapi sayangnya sampai sekarang saya tidak tahu dimana bisa membeli bandeng-bandeng tak berduri itu 🙁

Saya membaca cara pembuatan bandeng tanpa duri di situs bisnisukm.com. Kemudian saya mencoba mempraktekkannya di rumah. Kendati tak lihai tetapi saya hampir berhasil membersihkan duri-duri yang tampak. Yah memang masih menyisakan sedikit duri-duri yang tak terlihat karena tak tahu bagian mana saja dari tubuh bandeng yang berduri.

Berikut adalah langkah-langkah yang saya lalukan untuk membuang duri bandeng lalu langsung menggorengnya. Langkah-langkahnya mungkin kurang tepat bila ingin lebih tepat mungkin bisa diikuti link di atas;)

Mencabut Duri Bandeng

Bahan

  • Ikan bandeng segar yang sudah dibersihkan sisiknya
  • Kantong Plastik untuk membuang duri
  • Talenan
  • Pisau
  • Pinset

Cara Pembuatan:

  • Pembelahan (Fillet)

Belah tubuh ikan bandeng dengan cara menyayat bagian punggung (bisa juga dari perut) ikan dengan menggunakan pisau. Penyayatan dimulai dari bagian ekor sampai membelah kepala. Bersihkan isi perut dan insang. Cuci bersih ikan yang telah dibelah.

  • Pembuangan Duri
  1. Patahkan tulang bagian ekor lalu tarik tulang dibagian tengah itu ekor hingga ke kepala
  2. Selanjutnya pencabutan dilakukan satu persatu sambil menyisir daging ikan bandeng untuk menemukan duri
  • Penyimpanan

Bila tak segera dimasak, simpan ikan bandeng di dalam kantung plastik lalu simpan di lemari es atau freezer

Setelah pencabutan duri, ikan bandeng bisa diolah sesuai masakan yang ingin kita buat. Saya hanya menggorengnya, sebelumnya dibumbui dengan jeruk nipis, garam dan sedikit ketumbar bubur.

Ada beberapa cara lagi menikmati ikan bandeng tanpa isi, misalnya, Bandeng Goreng Kremes dan Bandeng Isi 😀

+ There are no comments

Add yours