Bawal Goreng Saus Padang


bawalsauspadang

Percaya ngga percaya, masakan orang lain terasanya lebih enak daripada masakan sendiri. Haha seperti peribahasa ‘Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau’ . Tapi Wicak sering kali merasa masakan saya justru lebih enak daripada masakan orang lain 😳

Yang kedua paling menyenangkan kalau suami saya itu baru pulang liputan dari luar kota atau luar negeri adalah melihatnya menikmati masakan saya. Yang pertama tentu saja melihatnya pulang dengan sehat dan selamat.

Kadang saya malah heran kalau ia sering ingat bahkan kangen masakan rumah padahal selama bepergian tersebut ia berkesempatan menikmati beragam jenis masakan yang khas dan unik, diantaranya malah hanya bisa saya lihat di televisi. Kangen sama masakannya apa kangen sama yang masaknya. Halah

Saya beberapa kali mencicipi masakan saus padang di beberapa tempat makan. Rasa dan tampilan setiap saus padang yang saya coba tidak ada yang sama. Beberapa diantaranya memang enak dan segar, beberapa yang lain terasa hambar dan dingin.

Beberapa kali mencoba membuat masakan dengan saus padang,  saya masih belum menemukan resep saus padang yang menurut saya sedap. Coba lagi lain kalii. Kata orang “practise makes perfect”. Hoho..

Bawal Goreng Saus Padang

Bahan:

  • 2 ekor ikan bawal
  • 1 jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Haluskan:

  • 5 buah cabai merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 4 sdm saus cabai botolan
  • 4 sdm saus tomat botolan
  • 1 sdt garam
  • setengah cangkir air matang

Cara membuat:

  1. Balur ikan bawal dengan perasan jeruk nipis dan garam, diamkan minimal seperempat jam
  2. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang, angkat
  3. Panaskan 3 sdm minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan air matang, masak hingga air meniris dan saus matang
  4. Atur ikan goreng di atas piring, tuangkan saus diatasnya
  5. Sajikan hangat
Lama memasak: 30 menit
Untuk 2 orang

2 Comments

Add yours
  1. 1
    trie

    mba,

    mantap banget, padahal sore ini aku lagi laper berat nih, sbb td gak sempet mak si. coba gambar yg ada di email bisa menjadi nyata…… wah langsung di lahap abizz dech ….. he he he emangnya sulap ya….. gambar berubah jadi nyata.
    ada-ada aja aku ini

  2. 2
    hes

    @trie: hahahaha, ada-ada mba trie ini. tapi memang asik juga yah kalo teknologi sudah bisa seperti itu (entah bagaimana caranya ngga kebayang) 😆 hahaha

+ Leave a Comment

one + 12 =