Belgian Fries versus French Fries, Apa Bedanya Sih?

Belgian Fries versus French Fries, Apa Bedanya Sih?


Seminggu terakhir kami di MasukDapur.com jadi akrab sekali dengan kentang goreng. Gara-garanya Hes dapat job bersama campaign #eatbelgianfries untuk ajang SIAL Interfood dan Car Free Day.

Satu hal yang menarik adalah keyakinan teman-teman dari Belgia bahwa “kentang goreng” yang biasa kita makan itu sesungguhnya berasal dari Belgia, bukan Prancis.

Namun kita selama ini kan kenalnya french fries? Ya, hal itu konon sebuah salah kaprah.

Kalau mau dilihat dari sejarahnya, memang tidak bisa diambil kesimpulan yang tegas. Produk kentang iris panjang goreng rendam (deep fry) itu bisa berasal dari Prancis bisa juga dari Belgia.

Satu yang pasti, popularitas istilah french fries adalah dari Amerika Serikat dan jaringan makanan cepat saji-nya yang menggurita ke seluruh dunia.

Belgian Fries di SIAL Interfood, JIExpo Kemayoran, Jakarta, 21-24 November 2018.

Tapi di Eropa, memang Belgia negara yang lebih doyan kentang dari pada negara lain. Konsumsi fries di negara itu konon yang terbesar di seluruh benua Eropa!

Menurut Navefri-Unafri orang Belgia melahap 38 kilogram kentang segar dan 6-7 kg kentang olahan per rumah tangga per tahun. Banyak juga.

Bahkan, sebuah artikel di BBC, pernah secara langsung menyebut kentang goreng Belgia sebagai rujukan kualitas untuk kentang goreng. Bahkan bagi orang Prancis.

Jadi, apa bedanya french fries dengan belgian fries?

Kurang lebih kalau disimpulkan begini:

  • Belgian Fries lebih gemuk, French Fries cenderung kurus-kurus.
  • Belgian Fries disajikan sebagai hidangan tersendiri, biasanya dalam cone dengan saus mayonnaise. Sedangkan french fries biasanya hanya jadi pendamping makanan lain.
  • Belgian Fries digoreng dua kali. Pertama untuk memasak bagian dalamnya dan kedua untuk membuat luarnya lebih garing dan kecoklatan.

Nah, kalau menurut kami sih, keduanya pasti punya kelebihan masing-masing. Kentang goreng sejak dulu sudah jadi bagian dari makanan kesukaan di keluarga kami, jadi ya gitu deh. Gak akan nolak kalau dikasih.

Tapi jujur saja, belgian fries yang disajikan di acara promosi Eat Belgian Fries memang sedap. Saus garlic mayo-nya juga, hmmm!

Sudah pernah coba Belgian Fries? Apa pendapat Anda?

+ There are no comments

Add yours

twenty − 18 =