Bimbul: Es Loli Kacang Hijau


bimbul_es-loliSalma dan Awis jika sedang tak mood makan sulittt sekali membuka mulut. Tetapi kalau sudah disodori es krim atau es loli seperti ini langsung deh belum habis sudah minta tambah 😆

Es loli atau es lilin adalah makanan penyegar berupa es dengan batang kayu sebagai alat untuk dipegang. Makanan ini dibuat dari cairan minuman berwarna dan berasa (seperti jus jeruk, durian, nangka, stroberi, kopyor, atau yang lainnya sesuai selera) yang diberi batang kayu lalu dibekukan. (Wikipedia.Id)

Saya membuatkan anak-anak es loli dengan menggunakan cetakan es loli yang sekarang mudah ditemukan di pasaran atau minimarket. Pegangannya sendiri bukan lagi dari kayu tetapi dari plastik berwarna-warni. Cetakan seperti ini dapat digunakan berulang kali. Lebih mudah dan hemat.

Karena berbahan plastik, cairan manis yang digunakan untuk membuat es loli sebaiknya dalam keadaan dingin atau tidak panas. Untuk es loli kali ini saya membuatkan bubur kacang hijau ang saya blender hingga halus.

Anak-anak juga suka es loli dari jus buah-buahan. Hanya saja karena beberapa buah jika di jus tidak tahan disimpan dalam waktu lama (walau dibekukan) jadi pilihan buahnya memang terbatas. Salah satu buah yang sering saya gunakan untuk membuat es loli ini adalah jambu merah. Karena kandungan Vitamin C-nya yang cukup tinggi , jambu merah relatif lebih tahan lama disimpan dalam bentuk jus.

Es Loli Kacang Hijau

Bahan

  • 200 gram kacang hijau, bersihkan, rendam minimal 5 jam
  • 2 buah gula merah, sisir
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 100 ml santan cair
  • 500 ml air matang

Cara membuat:

  1. Rebus kacang hijau bersama jahe hingga lunak
  2. Masukkan gula merah masak sampai gula merah larut
  3. Masukkan santan cair, biarkan mendidih
  4. Angkat biarkan dingin (minimal suhu ruang)
  5. Setelah bubur kacang hijau dingin, giling/blender hingga halus
  6. Masukkan dalam cetakan
  7. Bekukan

Gud lak!;)

2 Comments

Add yours

+ Leave a Comment