Biskuit Wortel

Biskuit Wortel


Beberapa waktu yang lalu, seorang teman menanyakan tentang resep biskuit untuk membandingkan dengan biskuit yang sudah dibuatnya. Teman saya tersebut merasa kurang puas dengan tekstur hasilnya, kendati saya yakin sekali rasa biskuit buatannya pasti enak.

Biskuit yang saya buat ini mengikuti idenya yaitu menambahkan sayuran dan buah pada adonan biskuit. Resepnya mungkin agak berbeda karena saya tidak tahu resep yang ia gunakan. Kali ini saya mencoba membuat biskuit dengan tambahan parutan wortel. Saya sering ‘menyembunyikan’ wortel dalam beberapa masakan atau cemilan buatan saya karena anak-anak saya kurang suka pada wortel, misalnya pada kuah sop baso, pada otak-otak ikan, dan pada semur daging.

Saya memang tak pandai dalam hal baking. Pertama mungkin karena tak telaten dengan takaran bahan, yang kedua adalah karena saya tak punya oven. Hehe. Saya membuat biskuit ini dengan double pan.

Hasil dari resep yang saya modifikasi ini memang tidak seperti biskuit yang dijual dalam kemasan di pasaran yang tipis dan sangat renyah. Biskuit ini terasa renyah di luar tetapi empuk di dalamnya. Untungnya anak-anak saya sukaa sekali sampai papanya hanya disisakan tiga buah (hasil yang sempat saya foto) 😀

Biskuit menurut Wikipedia adalah produk makanan kecil renyah yang dipanggang dan biasanya berbahan dasar tepung. Kalau biasanya kita mengenal biskuit yang tipis dan renyah, di Amerika Serikat, biskuit atau dikenal juga dengan nama cookie, lebih tebal dan empuk. Biskuit AS ini lebih mirip dengan scone yaitu roti khas Inggris yang biasa dinikmati dengan teh.

Kata berasal dari bahasa Latin yaitu bis (dua kali) dan coctus (dimasak). Hal ini karena biskuit dimasak dengan dua kali proses yaitu dipanggang lalu dikeringkan dalam oven bersuhu sekitar 150 derajat celcius.

Biskuit Wortel

Bahan :

  • 200 gram mentega
  • 50 gram gula halus
  • 1 butir telur
  • 200 gram tepung terigu (protein rendah)
  • 40 gram atau sekitar 2 sdm  tepung maizena
  • 10 gram atau sekitar 1 sdm oatmeal
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 buah wortel, parut

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega, telur dan gula sampai lembut
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan maizena dan baking powder, aduk rata
  3. Masukkan parutan wortel dan oatmel, aduk rata
  4. Panaskan oven atau pan tertutup
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan lalu pipihkan (bisa juga dicetak)
  6. Panggang sekitar 10 menit atau hingga matang di kedua sisi
  7. Diamkan di suhu ruang hingga biskuit mengeras

Lama memasak: 30 menit

Toping biskuit: Dark coklat compound yang dicairkan.

Categories

1 comment

Add yours
  1. 1
    Nur

    Keliatan enak mb.. Mb, ini adonannya dikocok pake mixer atau ballon whisk? Kebetulan saya ga ada mixer.. Ini lg nyari2 resep2 kue yg gampang. Soalnya Happycall saya baru beli. 🙂 trims

+ Leave a Comment

17 − six =