BlackTop Brownies


Brownies adalah salah satu kue buatan saya yang jadi favoritnya Wicak. Dia bilang, ‘Brownies tuh memang seperti ini, bantat tidak mengembang dan lembut seperti kue bolu (cake)‘. Saya sih senyum-senyum saja mendengarnya. Senang karena saya memang tidak bisa membuat kue yang tidak bantat 😆

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya memang sering sekali membuat kue bantat. Tentu saja hal ini tidak disengaja pada awalnya. Tetapi karena terlalu seringnya saya ‘membuat’ kue bolu yang bantat akhirnya saya menyerahkan pembuatan ini pada ahlinya saja. Saya sama sekali tidak berbakat membuat kue bolu (ssst tapi ini rahasia 😛 ).

Karena keahlian saya ‘membantatkan’ kue itu maka sekarang saya spesialis membuat brownies (kue coklat yang memang sengaja dibantatkan). Maka tersamarlah ketidakmahiran saya membuat kue bolu. Haha ..

Nama Brownies diambil dari the deep brown color of cookie. Brownies memang memiliki warna cokelat tua kehitaman. Dia tercipta justru karena kelalaian yaitu lupa menambahkan baking powder (bubuk pengembang kue) ke dalam adonan. Akibatnya, kue itu tidak mengembang alias bantat. Walaupun bantat, kue tersebut ternyata disukai banyak orang.

BlackTop Brownies

Bahan:

  1. 100 gr mentega/margarin di tim bersama 150 gr coklat masak (dark chocolate)
  2. setelah mentega dan coklat mencair, matikan apimasukkan 175 gula pasir, aduk sampai gula larut
  3. masukkan 4 butir telur, aduk rata
  4. masukkan 150 tepung terigu, aduk rata
  5. tuang setengah adonan ke dalam loyang persegi yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti
  6. taburi dengan 200 gr keju parut
  7. tuang sisa adonan brownis
  8. terakhir, tutup permukaan brownis dengan parutan 100 gr coklat masak (dark chocolate)
  9. kukus selama kurang lebih 45 menit
  10. angkat dan dinginkan pada suhu ruang
  11. setelah agak dingin masukan ke kulkas sebelum disajikan

Salma, anak pertama kami, menyukainya. Kata Wicak (beberapa tahun silam sebelum anak kedua kami lahir), ‘De, tahu ngga.. brownisnya mama adalah yang paling enak sedunia’ :mrgreen:

Gud lak!

4 Comments

Add yours

+ Leave a Comment