Bolu Coklat Kukus


bolucoklatSaya sedang senang karena beberapa hari ini bolu yang saya buat berhasil mengembang dan tidak bantat :mrgreen: Tentu saja hal ini dikarenakan saya mengikuti saran dari zee: Cara paling gampang membuat cake tidak bantat adalah dengan memastikan adonan telur yang dikocok mengembang sempurna.

Dengan resep andalan brownis yang biasa saya gunakan, saya mencoba membuat bolu coklat. Hasilnya lumayan enak. Tetapi karena saya masih belum punya oven jadi mau ngga mau dikukus saza.

“Ayo dung pap kita beli oven upaya bisa baking kaya Nigela!” 😆 Hehehe ..

Bolu Coklat Kukus

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram margarine
  • 100 gram coklat masak, potong kecil-kecil
  • 150 gram tepung terigu
  • Margarine untuk olesan
  • 2 sdm bubuk kayu manis

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga putih dan mengembang
  2. Tim coklat masak hingga mencair
  3. Lelehkan margarine
  4. Masukkan coklat cair dan margarine ke dalam adonan telur aduk perlahan dengan spatula hingga rata
  5. Masukkan sedikit demi sedikit terigu yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis, aduk dengan spatula
  6. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarine
  7. Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan di atas api sedang sekitar 20-30 menit
  8. Angkat

Bolu yang dikukus seperti ini enak dinikmati saat masih hangat terutama pagi hari dengan secangkir teh tawar hangat. Gud lak! 😉

10 Comments

Add yours
  1. 1
    si kecil@rumahkayu

    tante hes.. tante hes.. tau nggak, bunda itu kalo bikin bolu kukus selalu gagal… bantat… ampe udah putus asa… he he he… tapi yang ini kayaknya enak sekali ya resepnya… ini sama ngga ya sulitnya dengan bolu kukus yg biasa itu, yang bunda selalu ngga berhasil buatnya? *sambil mikir-bunda mau ngga ya diminta nyoba resep yang tampaknya enak sekali ini?* ~ si kecil

  2. 3
    hes

    @sikecil: haha sama duung. tante kalo mencoba membuat bolu kukus yang itu mah juga bantat selalu 😆
    @mia: bolehlah mi. kita kan saling;) hehe. thx yaa ..

  3. 6
    syahirah nafizhah

    Waa..aku udah coba bikin lho bolu coklat kukusnya.. Tp,berhubung telurnya kecil2,jd aku pake 5 telur. Hasilnya?? lebih lembut & nyam2.. Thx ya buat resepnya..anakku suka lho..

+ Leave a Comment

3 × 3 =