Bolu Tape Keju Kismis

Bolu Tape Keju Kismis


bolutapeSaya senang deh kalau ada pertanyaan di page Masuk dapur di Facebook. Jadi punya ide untuk eksperimen berikutnya. Kian hari terus terang saya merasa kurang kreatif. Sehingga kebanyakan ide masakan berasal dari banyak teman-teman. Hehe.

Bolu tape ini resepnya saya dapatkan dari teman di Dapurmasak. Ada penambahan tepung beras di resep ini selain terigu. Teman saya juga biasa membuat cake/bolu dari campuran tepung beras dengan tepung sagu. Pertanyaan saya selanjutnya apa yang membedakan penggunaan tepung selain terigu pada cake.

Teman saya bilang biasanya cake dengan tepung beras lebih rapuh dan tidak ‘melekat’ sekuat terigu. Tapi untuk yang memang menghindari gluten, penggunaan tepung beras ini paling cocok.

Lalu apa tujuan penambahan tepung beras di bolu tape ini ya? Saya belum bisa memperkirakannya. Harusnya sih  bikin lagi bolu tape tanpa tepung beras jadi bisa dirasakan perbedaannya. Oke deh jadi percobaan selanjutnya di Masukdapur 😉

bolutape_masukdapur

Resep aslinya sebenarnya menggunakan sukade dan coklat chip, tapi saya kurang suka perpaduan tape dan coklat jadi saya tidak gunakan. Sebagai gantinya saya lebih memilih menggunakan kismis dan keju quick melt (kraft).

Saya sih suka bolu tape percobaan saya yang ini. Legiiit banget apalagi pas baru diangkat dari kukusan. Rasanya tidak terlalu manis dengan aroma tape dan perpaduan gurihnya keju yang meleleh diantara bolunya.

Tapi setelah beberapa saat di suhu ruang jadi agak mengeras dan kurang lembut. Masih enak tapi tak seenak saat hangat.

bolutape_masukdapur2

Bolu Tape Keju Kismis

Bahan:

  • 4 butir telur ayam
  • 125 gram gula pasir
  • 500 gram tape singkong 
  • 50 ml minyak sayur
  • 50 gram tepung Beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 sdm kismis
  • 50 gram keju quick melt, potong dadu kecil
  • Margarine untuk mengoles loyang

Cara membuat:

  1. Campur tape dengan minyak sayur lalu haluskan (blender/mixer) hingga rata
  2. Kocok telur dan gula sampai mengembang
  3. Masukkan tepung beras dan tepung terigu bergantian dengan tape yang sudah dihaluskan, aduk dengan mixer kecepatan rendah
  4. Masukkan kismis dan potongan keju, aduk dengan spatula
  5. Tuang ke loyang ukuran 8,5 x 20 cm (loyang loaf) yang sudah diolesi mentega
  6. Kukus sekitar 20 menit atau sampai matang. Bisa juga dipanggang

 

+ There are no comments

Add yours

twelve + 4 =