brownies


Membuat kue itu susah-susah gampang. Gampang kalo memang kita tahu resepnya. Susah kalo kita sama sekali ngga tahu apa bedanya terigu protein sedang dengan terigu protein tinggi! .. Ngga ding. Membuat kue itu mudah kok yang membuat sulitkan memang resep yang kadang ngejelimet dengan bahan-bahan yang (kelihatannya) ngga ada di pasar atau memang males nyari!.

Saya (dengan senang hati) menyebut diri saya pemula -dalam arti kata mula-mula rajin kemudian males :p . Kue bolu pertama yang saya buat sukses bantat (kenapa ya?), juga kue-kue bolu berikutnya. Makanya sejak saat itu tidak ada resep kue bolu dalam kumpulan resep saya (no way!). Tapi setelah menikah saya menemukan solusi lain, karena kemahiran saya ‘membantatkan’ kue maka sekarang saya membuat brownies (tahukan? kue coklat yang emang sengaja dibantatkan). Maka tersamarlah ke’tidakmahiran’ saya membuat kue bolu.

Kata orang-orang sih brownies saya enak (ehm). Tapi sebenarnya sih setiap kali saya merasakan brownies buatan orang lain atau beli di toko maka yang disebut enak itu, ya bikinan mereka. Memang benar ‘rumput tetangga selalu lebih hijau’. Anyway, tapi karena ‘pujian’ itulah saya jadi gemar sekali membuat brownies.

Membuat brownies itu mudah. Mungkin ada banyak cara membuat brownies yang enak (dan lebih oke). Mulai dari menyiapkan bahan sampai dengan siap dihidangkan, saya hanya membutuhkan waktu 1 1/2jam (di’sambi’ mengerjakan hal-hal lain. menonton misalnya :p). Berikut ‘gaya’ membuat brownies a la saya:

  1. 200 gr terigu protein sedang diaduk rata dengan 1/2 sdt soda kue dan 1 sdt baking powder
  2. 100 gr mentega di tim bersama 200 gr coklat masak (dark chocolate)
  3. setelah mentega dan coklat mencair diaduk dengan 175 gula pasir sampai gula larut, masukkan 3 butir telur, aduk rata
  4. masukkan bahan terigu aduk rata bersama segenap mede panggang dan atau kismis (keduanya boleh tidak dipake kalau ngga ada)
  5. masukkan ke loyang persegi yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti (mentega dioles ke loyang baru dulu baru kertas roti)
  6. taburi dengan kacang almond
  7. panggang (dalam oven panas) selama kurang lebih 50 menit (bisa kurang bisa lebih setelah 40 menit sah-sah aja ditusuk-tusuk bagian tengahnya untuk mengetahui apakah sudah matang apa belum)
  8. keluarkan dari oven, dipotong-potong, dipersilahkan pada orang-orang untuk mencicipi (kali-kali aja ngga enak siap-siap memberikan argumen yang menyakinkan kalau rasa kuenya memang begitu :p)

well. gud lak!

+ There are no comments

Add yours

1 × 5 =