Bubur Pereda Sakit Tenggorokan


buburjahe

Suami saya sakit! Radang amandelnya kambuh lagi kali ini lebih parah karena amandelnya yang sedang meradang dan bengkak dipenuhi oleh ‘jamur’. Sebenarnya amandelanya memang sudah membengkak jauh dari ukuran normal. Dokter bilang sudah ‘stadium 3’, membengkak sedikit lagi saja kemungkinannya harus dioperasi. Tapi kali ini masih bisa diobati, dokter menganjurkan untuk melakukan terapi pengobatan herba seperti sambiloto dan habatusaudah. Saya berharap bisa membaik karena syerem juga kalau harus operasi walau operasi ringan sekalipun.

Selama suami sakit sebenarnya ada perasaan senang juga. Bukan karena sakitnya tapi karena hal itu ‘memaksa’nya untuk istirahat di rumah selama beberapa waktu. Saya jadi senang karena tidak sendirian di rumah dan ada teman untuk berbincang-bincang di siang hari. Hahaha :p

Tapi yah tentunya ada perasaan khawatir juga, jadi saya berusaha sebaik-baiknya untuk membuatnya merasa lebih baik. Dokter juga menyarankan untuk menyembuhkan infeksi jamurnya dengan terapi jus buah. Jadi saya memborong beberapa jenis buah untuk dibuah jus. Ia juga menganjurkan untuk membuatkan bubur jahe sereh sehingga hangat untuk tenggorokan yang sedang meradang dan juga aman untuk lambung yang sedang bermasalah.

Bubur Jahe Sereh

bahan:

  1. 1/2 cangkir beras
  2. 500 ml kaldu ayam
  3. 1 batang sereh
  4. 1 ruas jari jahe
  5. 1/2 sdt garam

cara membuat:

  1. masak beras dalam air kaldu
  2. masukkan sereh, jahe, garam

  3. aduk sesekali supaya tidak hangus
  4. biarkan air berkurang agak banyak tetapi jangan biarkan mengering
  5. matikan api

Suami saya suka menyantap buburnya agak cair kental seperti sup jadi lebih mudah menelannya berhubung tenggorokkannya sedang sakit.

gud lak!

+ There are no comments

Add yours

4 × 3 =