Burger untuk Piknik


Burger menurut Wikipedia adalah sejenis roti tangkap (sandwich) yang terdiri atas daging cincang dijepit oleh roti (biasanya bundar) yang dibelah horizontal. Lapisan itu bisa dilengkapi dengan sayuran (selada, tomat, bawang, acar dsb) serta saus (mayonnaise, saos tomat alias ketchup dan mustard).

Sebagai temannya, burger biasa disajikan bersama-sama dengan kentang (frenched ‘n fried atau mashed) atau sayuran (sauerkraut atau salad). Minuman pendamping juga boleh (soda, es teh manis atau air putih).

burgerbeefWicak mendapatkan 6 tiket masuk ke Seaworld dari Blogdetik untuk kontes blog dikalangan internal Detikcom. Suami saya ini menang karena mulai aktif lagi ngeblog dan juga (katanya) karena mendorong keluarganya untuk aktif ngeblog -di Blogdetik tentu saja :mrgreen: ..

Karena tiket tersebut berlaku hanya sampai tanggal 31 Maret 2010, kami memutuskan untuk cepat-cepat menggunakannya. Kami berencana untuk pergi  pada tanggal 19 Maret 2010 -Wicak mendapat tiket tanggal 18 Maret 2010. Kebetulan hari itu kami berencana untuk mengunjungi keponakan yang baru lahir di rumah sakit Harapan Kita bersama keluarga kakak ipar dan ayah mertua.

Tetapi kemudian rencananya berubah karena ternyata sampai disana hari sudah sangat siang dan untuk menuju Ancol masih jauh lagi. Kakak ipar saya mengusulkan pergi ke Seaworldnya diundur Sabtu berikutnya.

Sabtu kemarin berangkatlah kami ke akuarium besar yang penuh dengan beragam jenis ikan ini. Tentu saja kali ini kami lebih siap. Dengan berbekal tas piknik dan burger juga beberapa kotak minuman beku kami siap berwisataaaa ..

Burger Daging Sapi

Bahan:

  • 500 gram daging sapi cincang
  • 2 butir telur
  • 100 gram bread crumb
  • 100 ml susu cair
  • 2 buah bawang bombay, rajang halus
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica halus
  • 5 sdm margarine

Cara membuat:

  1. Panaskan 1 sdm margarine, tumis bawang bombay hingga kecoklatan, sisihkan
  2. Campur daging cincang, susu, telur, bread crump, garam dan merica, aduk rata atau uleni dengan tangan hingga tercampur rata
  3. Masukkan bawang bombay yang sudah ditumis, aduk rata
  4. Bentuk menjadi bulatan-bulatan pipih
  5. Panaskan sisa margarin dan masak bulatan burger satu per satu hingga matang
  6. Sajikan dengan roti dan pelengkap

Gud lak! 😉

11 Comments

Add yours
  1. 4
    ossyogi

    teh, bread crump apaan sih?
    aku jadi kepengen bikin nih, kmrn sempet cari resepnya tp kok pake kecap manis segala ya?

  2. 5
    hes

    @ossy: bread crumb itu sejenis remah/serpihan dari roti kering yang biasanya digunakan untuk membalut makanan sebelum digoreng. misalnya: tempura. tapi selain itu bread crump juga punya fungsi yang lain yaitu untuk taburan makanan yang dipanggang, mengentalkan, bahan pemadat, dll.

    bread crumb yang saya gunakan merknya Mamasuka, saya biasa membelinya di Alfamart 😉 memang resep burger ada banyak macam, Oss, tergantung selera yang membuatnya. thx yaa ..

  3. 10
    winda

    Kelihatannya bikin burger sendiri lebih enak dan sehat ya bu…
    Kebetulan saya lagi researc, mau buka usaha burger kaki lima nih.
    Menurut ibu kalo daging burgernya d bikin sendiri bisa laku nggak d pasaran? trims

  4. 11
    hes

    @winda:

    menurut saya, kalo daging burgernya bikin sendiri scr kualitas dan rasa bisa jauh lebih enak.

    tapi kalo untuk jualan, perlu diitung ongkos produksinya. dan, biasanya sih, kalau daging burgernya beli yg udah jadi bisa lebih murah.

    tergantung juga pangsa pembelinya siapa. kalo memang mau beli yg lebih mahal tp lebih enak, harusnya bisa laku.

    semoga bermanfaat 🙂 thx yaa..

+ Leave a Comment