Classic Cheese Cake

Classic Cheese Cake


Pertama kali kenal CheeseCake itu dari serial Friends, lalu kemudian suami saya membawakanya dari sebuah acara di kantornya. Ya ampuuuun enak bangeet. Crumbly creamy and cheessy, bener-bener meleleh di mulut.

Tapi harganya ternyata muahaaaal. Untuk kami yang saat itu harus pikir panjang buat membeli kue-kue dengan harga diluar jangkauan, cheese cake selalu jadi makanan mewah. Sebenarnya sampai saat ini sih, menikmati cheese cake selalu jadi momen yang waw.

Sampai pada saya nekat membuat cheese cake klasik beberapa waktu lalu.

Awalnya karena sayang membiarkan cream cheese yang sudah lama menganggur di kulkas, saya mencoba membuat cheese cake  dengan panduan channel di Youtube. Karena keterbatasan bahan, saya terpaksa memodifikasi resepnya. Oke semua berjalan lancar dari mengocok cheese creamnya sampai memasukkan telurnya, hingga saatnya memanggang.

Memanggang cheese cake menggunakan sistem au bain marie (untuk teknik ini akan saya terangkan di post yang lain). Saya sudah menyiapkan loyang berisi air di dalam oven, lalu memanaskan ovennya. Setelah panas saya masukkan pinggan berisi cheese cakenya. setelah 15 menit di oven saya cek, lalu saya heran kenapa ovennya mendingin. O la la la, gasnya habisss. Huaaaa.

Dengan waktu hanya sekitar satu jam sebelum menjemput anak-anak saya, kayanya ngga mungkin saya memesan gas dahulu karena biasanya datangnya suka lama. Jadinya terpaksa saya tinggal deh adonannya di dalam oven.

Hasilnya seperti gambar di bawah ini. Saya buat upside down soalnya saya menggunakan ramekin ukuran kecil. Jadinya saya tumplekin aja hehe.

Rasanya sih ngga oke masih berasa banget telurnya. Teksturnya juga ngga halus. Pokoknya cheese cake perdana saya gagal total. Eh sebenarnya ini bukan cheese cake perdana karena kami pernah buat beberapa tahun silam walau hasilnya tidak sebagus cheese cake yang dijual di toko, saat itu kami sudah sangat merasa puas.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk cheese cake percobaan ketiga saya ini cukup sukses. bahkan anak bungsu saya yang sangat ngga doyan makan -ngga seperti mama papanya- amat sangat doyan banget. Hampir satu loyang dia habiskan sendiri. Begitu juga saat saya membuatkannya lagi. Tapi sungguh saya merasa sangat senang.

Classic Cheese Cake

Bahan-bahan:

  • 1 kg cream cheese
  • 250 gram gula pasir
  • 3 telur utuh
  • 2 kuning telur
  • Crackers/Oreo 150 gram, hancurkan
  • 4 sdm mentega cair
  • Loyang bongkar pasang

Tips: Pastikan cream cheese dan telur dalam suhu ruang. Untuk mencegah cheese cake retak saat pemanggangan.

Cara membuat:

1. Masukkan loyang berisi air ke dalam oven. Panaskan oven

2. Hancurkan/haluskan crackers atau oreo hingga halus lalu campur dengan mentega cair. Aduk rata. Lalu masukkan ke dalam loyang bongkar pasang. Tekan-tekan hingga padat. Saya sudah membuat versi ini dua kali. Yang kedua saya membuatnya menggunakan biskuit sandwich keju Ritz dan Oreo. Yang Oreo rekomen banget.

20160208_153905 20160213_162133

2. Kocok cream cheese hingga lembut. Masukkan gula. Kocok lagi hingga rata dan lembut.

20160213_160527 20160213_160853

3. Aduk lepas telur di wadah lain. Untuk mencegah terbentuknya gelembung saat pengocokan. Masukkan ke dalam adonan cream cheese lalu aduk rata dengan spatula.

20160213_16170120160213_162048

4. Masukkan ke dalam loyang. ratakan dengan spatula.

20160208_16211320160208_162310

5. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas. Panggang sekitar 1 jam atau sampai matang. Bisa terlihat bagian atasnya yang mencoklat. Jangan buka oven sampai yakin kalau kue sudah matang. Buatan saya agak gosong di atasnya karena panas di oven tangkring saya tidak merata.

20160208_181826

6. Jika sudah matang biarkan mendingin di dalam oven. Lalu masukkan ke dalam kulkas dan simpan semalaman.

Karena saya dan terutama karena pesan suami saya untuk tidak menambah apa-apa sebagai toping maka cheese cake saya polos saja. That’s how we love it. Tapi jika suka bisa ditambahkan selai strawberry atau bluberry di atasnya. Hanya saran saya jangan gunakan selai dalam kemasan buatan pabrik kecuali yang homemade. Khawatir merusak rasa cheese cake yang luar biasa. Slurp.

Bikin lagii aah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

+ There are no comments

Add yours

one + 9 =