Cokelat Kurma


Ide permen coklat kurma ini adalah ide temannya sahabat SMA saya. Ia bercerita suatu hari kalau ia mendapatkan permen-permen kurma itu dari salah seorang rekan kerjanya. Ide yang langsung saya sambar dengan senang hati Sebagai modifikasi untuk mempermanis tampilan permen tersebut saya menambahkan kacang almond panggang.

Ngomong-ngomong kacang almond, kacang ini sekarang luar biasa mahaall. Harga satu kilogram kacang ini mencapai 150ribu rupiah! Woaa untuk saya yang jarang sekali membuat kue sebaiknya memang tak membeli banyak karena sayang banget kalo rusak karena lama tidak digunakan. Saya cuma beli 50 gram saja :mrgreen: Hehe..

Buah almond menurut wikipedia bukanlah kacang melainkan buah yang bercangkang atau berkulit luar yang keras dengan biji ‘kacang’ didalamnya. Saya rasa wajar banget ya kalau harga kacang almond selangit. Untuk mengelurkan biji-biji kacang itu dari buah almond itu harus secara manual. Belum lagi bobotnya yang ringan banget. Seratus gram kacang almond berasal dari berapa banyak buah almond ya?

Kacang mede sendiri merupakan biji dari buah jambu monyet yang terletak di bagian luar buah.

Eh cerita lagi soal permen coklat. Sebelum saya menikah, saya sempat menerima pesanan untuk membuat permen-permen ini khusus untuk hari valentin. Bukan karena saya merayakan hari valentin tetapi lebih ke mengambil keuntungan dari yang merayakannya. Hehe..

Coklat favorit saya yang pernah saya buat adalah coklat yang membalut strawbery segar lalu diberi taburan kacang. Uuuuggh enak! Yaiks lagi puasa bu!

Saya juga pernah membuat hampir 1000 permen coklat dalam waktu 2 hari untuk dikemas dalam 500 kemasan mungil. Sampe ngantuk-ngantuk gitu membuatnya. Maklum masih cara tradisional banget pake panci dan cetakannya juga cuma punya 10 buah. Belum lagi kemasannya juga bikin sendiri. Woaa pokoknya yang nerima harus senang deh karena yang buat pengantinnya sendiri Iya-iya ini untuk suvenir pernikahan saya dulu. Ahay!

Cokelat Kurma

Bahan:

  • 10 buah kurma, buang biji
  • 10 buah kacang mede utuh, goreng
  • 50 gram kacang almond, sangrai/panggang, remukkan
  • 100 gram cokelat masak/cokelat batang, potong-potong

Cokelat masak/cokelat batang biasanya merupakan jenis cokelat compound. Coklat jenis ini bisa dibilang bukan coklat sejati. Karena sudah melalu proses pengolahan dengan tambahan beberapa bahan lain. Seperti minyak coklat, bahan emulsifier seperti lesitin, cokelat bubuk, dan lainlain. Sehingga harganya relatif lebih murah. Cara melelehkan cokelatΒ  compound cukup hanya dengan ditim. Tidak perlu melalui proses tempering (menaikkan dan menurunkan suhu) seperti yang sebaiknya dilakukan pada cokelat jenis couverture.

Cara membuat:

  1. Masukkan sebuah kacang mede yang sudah digoreng ke dalam kurma sebagai pengganti biji
  2. Tim cokelat hingga meleleh. Caranya, rebus air hingga mendidih lalu angkat. Letakkan panci lain yang berisi potongan cokelat di atas air panas tersebut lalu aduk sampai meleleh. Sebaiknya memang digunakan air panas untuk mengetim cokelat dan bukannya air mendidih. Cokelat akan bergumpal dan keras jika ditim di atas air mendidih.
  3. Celupkan kurma berisi kacang mede ke dalam cokelat satu per satu
  4. Taburi dengan kacang almond
  5. Dinginkan di lemari es –bukan di frezer– kira-kira 10 menit
  6. Sajikan

6 Comments

Add yours
  1. 1
    melly

    haikk gampang sekali nih mba hes..perlu dicoba ah buat hidangan lebaran..hehe

    bahannya jg gampang yah, paling cari almondnya yg mahal, bisa diganti gak yah dengan taburan lain gitu?

  2. 2
    Erfano Nalakiano

    whoa……mau..mau…mau…
    ntar dicoba ah di rumah pas pulang kampung!

    Bisa juga buat ide cooking bareng anak2! πŸ™‚

    Salam, Seru Jadi Guru πŸ˜€
    *Foto sabar ya, mbak…hihihi πŸ™‚

  3. 3
    hes

    @melly: bisa dong mel πŸ™‚ pake kacang mede goreng yang ditumbuk kasar juga bisa. aku beli almond kuga cuma stengah ons: 7ribu rupiah hehe..
    @erfano: wah asik banget bisa cooking di skul πŸ™‚

  4. 5
    bundadaffa

    bisa dicoba nich mbak resepnya,kebetulan ada coklat sama sebungkus almond oleh2 papinya daffa kemaren,makasih ya resepnya………..

+ Leave a Comment

nine − nine =