Coklat Stroberi


strawbericoklat2

Coklat Stroberi adalah judul film drama yang dirilis sekitar tahun 2007. Mengisahkan tentang hidup yang terkadang semanis coklat tetapi tak jarang juga semasam stroberi Saya memang tidak tahu film tersebut tetapi saya tahu penganan coklat stroberi yang manis dan masam.

Genus Fragaria termasuk dalam keluarga mawar. Lebih dikenal dengan nama stroberi karena buahnya yang bisa dimakan. Tumbuhan stroberi yang paling dikenal dan biasa dibudidayakan adalah stroberi kebun                         (Fragaria ×ananassa).

Stroberi kebun atau arbei ini dapat dinikmati dalam keadaan segar atau dalam produk olahan seperti selai. Stroberi juga banyak digunakan dalam produk susu seperti perasa es krim, susu kocok, jus dan juga yogurt. Stroberi yang dicelup dalam coklat cair (chocolate fondue) adalah cara segar dan sehat menikmati coklat. Salah satu makanan penutup yang cukup digemari adalah stroberi dengan krim.

Sumber: wikipedia

Saya memang tak punya alat untuk berfondue ria di atas meja makan tapi yah ada cara lain menikmati stroberi coklat atau coklat stroberi?

Coklat Stroberi

Bahan:

  • 10 buah kurma stroberi, cuci bersih, biarkan tangkainya
  • 100 buah kacang mede utuh, goreng, remukkan
  • 100 gram cokelat masak/cokelat batang, potong-potong

Cokelat masak/cokelat batang biasanya merupakan jenis cokelat compound. Coklat jenis ini bisa dibilang bukan coklat sejati. Karena sudah melalu proses pengolahan dengan tambahan beberapa bahan lain. Seperti minyak coklat, bahan emulsifier seperti lesitin, cokelat bubuk, dan lainlain. Sehingga harganya relatif lebih murah. Cara melelehkan cokelat  compound cukup hanya dengan ditim. Tidak perlu melalui proses tempering (menaikkan dan menurunkan suhu) seperti yang sebaiknya dilakukan pada cokelat jenis couverture.

Cara membuat:

  1. Tim cokelat hingga meleleh. Caranya, rebus air hingga mendidih lalu angkat. Letakkan panci lain yang berisi potongan cokelat di atas air panas tersebut lalu aduk sampai meleleh. Sebaiknya memang digunakan air panas untuk mengetim cokelat dan bukannya air mendidih. Cokelat akan bergumpal dan keras jika ditim di atas air mendidih.
  2. Celupkan stroberi satu persatu
  3. Taburi dengan mede
  4. Dinginkan di lemari es –bukan di frezer– kira-kira 10 menit
  5. Sajikan
Lama pembuatan: 20 menit
10 buah

strawbericoklat

Penganan permen coklat lain:

3 Comments

Add yours
  1. 2
    felysia

    aku udah coba buat loh. walaupun gak sebagus di foto tapi paduan cokelat dan strawberry emang enak. asam tapi manis gitu.

  2. 3
    hes

    @felysia: waa sip sip 🙂 sebenarnya hasil yang saya buat juga ga begitu bagus. mungkin fotonya saja yang bagus. hehe. thx ya mba felysia :mrgreen:

+ Leave a Comment

thirteen + six =