Cold Brew (Seduh dingin)

Cold Brew (Seduh dingin)


Cold Brew atau teknik kopi seduh dingin ini saya kenal dari suami saya. Di blog nya, Jamie Oliver juga pernah menulis soal teknik seduh dingin ini.

Konon dengan teknik ini kadar asam pada kopi akan menurun, cocok buat yang punya sakit magh kaya sayah. Hehe. Ngga tau juga benar apa ngga nya. Tapi so far memang kopi dengan seduh dingin inilah yang paling cocok dengan saya. Lebih lebih karena suami sendiri yang meraciknya. Swit swiiw.

Saya sih bukan penggemar kopi pahit jadi saya selalu menambahkan gula dan a splash of milk dan tentu saja es batuuu 🙂

COLD BREW

Bahan:

  • 1 cangkir Kopi Bubuk
  • 8 cangkir Air matang suhu ruang atau bisa juga air dingin

Cara membuat:

1. Takaran dari Cold Brew ini sebenarnya suka-suka aja tergantung konsentrat yang diinginkan. Semakin sedikit airnya kopinya akan semakin ‘kental’. Saya pakai takaran perbandingannya Jamie Oliver yaitu 1:8 (kopi:air). Masukkan kopi bubuk ke dalam pitcher atau wadah.

 

 

 

 

2. Tambahkan air matang suhu ruang atau bisa juga air dingin. Aduk rata.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 
3. Simpan di suhu ruang atau di kulkas sekitar 18-24 jam. Setelah 18-24 jam, saring kopi. Bisa lakukan 2-3 kali sampai kopi bebas dari ampas. Masukkan ke dalam botol/wadah bersih dan simpan di kulkas jika belum dikonsumsi . Bisa langsung dinikmati tanpa gula. Atau kalau suka seperti saya, pakai gula dan susu. Penambahan susu kental manis juga bisa.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Categories
Tags

+ There are no comments

Add yours