Comfort Food


Saya sering mendengar istilah comfort food. Awalnya saya mengira istilah itu untuk menyebutkan masakan enak yang membuat kita merasa puas memakannya.

Ternyata comfort food adalah makanan atau masakan yang mengingatkan kita pada masa kecil. Intinya mengingatkan kita pada rumah. Masakan yang membangkitkan perasaan nostalgia, rasa aman dan nyaman. Masakan rumahan yang sederhana dan tidak macam-macam.

Masakan rumahan memang berbeda. Selain karena kita tahu jaminan kebersihannya dan darimana bahan-bahan didapat, ada ciri khas lain yang membuat masakan rumahan berbeda. Ciri khas yang terdapat di masing-masing rumah. Ciri khas yang mampu membangkitkan kenangan. Bumbu? Saya kira lebih ke cara memasaknya 😉

Setiap orang memiliki cara memasak yang berbeda. Gaya yang disesuaikan dengan selera keluarga dan kebiasaan. Sedikit banyak memang berpengaruh pada hasil akhir masakan. Sehingga tidak heran walau dengan resep yang serupa hasil masakan dari dua orang akan berbeda.

Comfort food atau masakan rumahan yang memberikan rasa nyaman mungkin memang memiliki bumbu rahasia yang tidak terlihat. Walau terkesan berlebihan, mau tidak mau harus saya akui pendapat setiap orang ada benarnya, bahwa bumbu rahasia itu adalah perasaan kasih. Kasih sayang kepada keluarga.

Hal itu mungkin yang menyebabkan banyak orang yang selalu rindu masakan rumah kendati ia sudah (atau sedang) menikmati masakan yang unik, lezat, bahkan mewah. Bumbu yang sifatnya personal sekali.

2 Comments

Add yours
  1. 2
    mechta

    Ah, itu to maksudnya comford food? Baru tau (ketauan kupernya ya mbak, hehe)
    Nah untukku, yg termasuk kategori itu mungkin Daging Lapis dan Daging Sepur , resep jadul ala swargi simbah.. 🙂

+ Leave a Comment

3 × 3 =