Dadar Bayam


dadarbayam21

Saya tuh kebiasaan deh kalau sedang senang memasak dengan satu jenis masakan dengan bumbu tertentu maka selama seminggu itu masakannya hampir sejenis hanya beda bahan. Hehe ..

tumis-pareMinggu ini saya sedang senang memasak menggunakan cabai rawit merah. Sudah tiga hari ini saya memasak menggunakan cabai tersebut. Semuanya adalah tumisan. Kemarin saya memasak kikil kecap pedas, pada hari Selasa sambal udang, Rabu lalu saya membuat pare tumis ikan teri 😆

Nah, pada hari rabu itu saya memadupadankan si pare dengan dadar bayam ini. Lumayan enak dengan pahit pedasnya pare dan gurih manis telur dadar bayam jagung dengan nasi putih yang hangat 😉 Apalagi Wicak pulang membawa sekantung keripik kentang dan minuman favorit kita berdua: Nu Green Tea Madu! Haha ..

Dadar Bayam

Bahan:

  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 1 ikat bayam, siangi
  • 1 buah jagung, pipil
  • 1/2 cangkir air matang
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 3 buah telur ayam
  • 1 sdm minyak untuk olesan pada wajan datar/teflon

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah hingga layu
  2. Masukkan bayam dan jagung
  3. Tambahkan garam dan gula, aduk rata
  4. Masukkan air, aduk, masak hingga semua bahan matang dan air meniris, angkat
  5. Kocok lepas telur
  6. Masukkan bayam dan jagung ke dalam kocokan telur, aduk hingga rata
  7. Tuang ke atas wajan datar/teflon dan masak diatas api sedang
  8. Balik jika bagian bawah sudah matang dan kecoklatan, masak sisi yang lain
  9. Angkat dan sajikan hangat
Untuk 2-4 orang
Lama memasak: 20 menit

Gud lak! 😉

Foto yang lain:

dadarbayam31dadarbayam1

10 Comments

Add yours
  1. 1
    melly

    bayam, aku suka bayam..hehe
    waktu itu aku nyoba bikin keripik bayam, enak bgt 😀
    gurih,renyah juga.
    tapi daun bayamnya yg gede2 itu. bukan bayam cabut.

  2. 2
    Elisa

    Ini jg masakan favorite saya pendamping sarapan. Sayur di pagi hari! Biasanya setelah bayam di tumis hanya sampai layu, langsung saya tuangi telur yg tlh dikocok lepas dan di bumbui dgn garam merica. Dan kalau ingin lebih ‘berat’, dalam tumisan di tambah udang kupas cincang, atau bakso/sosis, daging/ayam cincang,atau kornet trgantung selera deh…

  3. 4
    hes

    @melly: bayam gede? wah aku baru dengar tuh 🙂 aku pernah bikin kerupuk bayam dengan bayam cabut biasa. ngga sengaja nemu yang daunnya lebar 😀
    @elisa: iya ya cocok banget untuk sarapan. kok saya ngga pernah kepikiran ya? :mrgreen:

  4. 8
    lisa

    Wah sedep neh..sy jg doyan bgt ama bayam..diapain aja..disup,disayur,tumis smp dijuice pun sy sruput jg..hhahaha..bayam selain bgs utk mencegah anemia,jg ampuh bikin kulit kinclong bersinar bercahaya..cb makan sayur bayam rutin selama 1bln..liat perubahan di kulit…ini kebukti wkt sy pas married dl,neh resep dr ibu perias sy…emang cling bgt wkt itu krn rutin makan bayam..

  5. 10
    trie ismawarni

    Bayam… Yah paling di sayur bening + wortel + labu siam, atau di tumis + jagung atau di sayur bobor bayem + jagung manis, atau di buat urap atau apalg ya… oh.. paling kalo udah gak ada pilihan buat campuran pecel dech…
    btw, thanks mb hes resep dadar telor bayemnya…. jadi pingin buat nih

+ Leave a Comment

12 + 15 =