Diet Lunak: Kimlo


kimlo

Sebenarnya saya tak tahu pasti pantangan apa saja yang diharuskan untuk penderita stroke karena hipertensi. Kakak-kakak dan suami saya juga tak menyarankan makanan tertentu,  “Yang penting lunak, hes”. Dokter pun hanya menyarankan diet lunak.

Walau dalam diet lunak memang bukan berarti hanya lunak secara tekstur tetapi perlu juga diperhatikan apakah bahan makanan tersebut mudah dicerna. Serat termasuk makanan yang tak mudah dicerna sehingga menu rendah serat termasuk dalam ciri diet lunak.

Saya sih tak terlalu paham apa yang diderita bapak secara medis dan bagaimana menghitung kalori atau serat yang dibutuhkan tiap harinya. Jadi yah saya melakukannya semampu tenaga dan perhitungan saya saja.

Jadi terkadang saya membuatkan masakan biasa hanya saja dimasak lebih lama supaya lebih lunak. Sering kali saya hanya memberikan tahu kepada si ceuceu yang membantu saya sejak bapak sakit untuk memasak apa dengan instruksi dimasak agak lama supaya agak lembek.

Lebih kadang lagi kalau saya benar-benar sedang tak sempat sama sekali atau ceuceu sedang tak masuk, saya membeli atau memesan makanan di tempat makan dengan menu yang sekiranya memungkinkan untuk bapak makan misalnya bubur ayam,  pangsit rebus, atau pernah satu hari, cap cay :mrgreen:

Biasanya jika makanannya kurang lunak maka saya atau suami saya, saat menyuapi bapak, akan memotong kecil-kecil potongan-potongan lauk atau sayur supaya mudah dikunyah dan ditelan.

Sop Kimlo

Sop kimlo adalah adalah nama lain masakan sup dalam masakan cina. Terdiri dari beberapa jenis sayuran dan setahu saya sih yang paling khas adalah keberadaan bakso ikan, bunga sedap malam dan jamur kuping. Rasa kuahnya segar dan khas karena perpaduan rebusan bakso ikan dan sedap malam.

Bahan:

  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 1/2 ons jamur kuping, rendam hingga lunak, cuci, potong-potong
  • 1 genggam bunga sedap malam yang sudah dikeringkan, cuci bersih
  • 10 buah bakso ikat, belah dua
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 1 /2 sdt gula
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 500 ml air matang atau kaldu ayam
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan air/kaldu
  2. Didihkan air/kaldu, masukkan wortel, masak hingga setengah matang
  3. Masukkan bakso ikan, jamur kuping, sedap malam, masak hingga semua matang
  4. Tambahkan garam, gula, merica dan daun bawang, masak sebentar
  5. Angkat
Persiapan: 15 menit
Lama memasak: 15 menit

Gud lak! 😉

10 Comments

Add yours
  1. 6
    harry Christian

    Bu,,bukannya kalau kita masak kelamaan akan menjadi vitamin yang didalam sayur tersebut akan menjadi hilang?

    Btw,,thanks for sharing..mama saya sering banget buat Sop Kimlo…enak banget sopnya apalagi ditambah ayam fillet didalam sopnya…Yummy 🙂

  2. 7
    hes

    @irawan: salam kenal bapak sauskecap, apa kabar mba ariyanti? 😀
    @harry: betul vitamin tertentu akan hilang di proses pemasakan tapi gak akan hilang semuanya itu sebabnya diet semacam ini biasanya diimbangi dengan pemberian jus buah segar 😉 thx yaa ..

  3. 9
    'dee

    hes… waktu aku kecil ada tetangga yg jago bikin kimlo dan kalo pas ada yg selametan di rumah suka pesen kimlo itu sama ibu tetangga tersebut…

    yg aku ingat keistimewaan kimlonya adalah: ada rolade daging di dalamnya… daging cincang yg digulung dengan telur dadar itu lho, dikerat tipis2 dan dimasukkan ke sup kimlo-nya…

    karena waktu kecil aku taunya kimlo itu seperti itu, maka sampai besar aku selalu nyari rolade daging itu dimanapun aku nemu sup kimlo.. dan nggak pernah nemu… he he he… belakangan setelah makin dewasa aja aku baru sadar bahwa itu mungkin memang resep hasil modifikasi ya… kimlo+rolade daging, bukan kimlo standar 🙂

    d.~

  4. 10
    hes

    @bundadaffa: hihi silahkan bunda dicoab saja 😉
    @’dee: woah beda lagi itu kimlo pake rolade, aku cuma tahu yang pake suwiran ayam doang :mrgreen:

+ Leave a Comment

five × 4 =