Diet Lunak: Tim Bawal


timbawal

Ikan bawal yang saya gunakan adalah ikan bawal laut. Ikan berbentuk pipih dengan warna yang keperakan ini merupakan salah satu ikan laut yang saya suka. Ada tiga alasan kenapa saya suka ikan ini: Yang pertama karena penanganan awal sebelum dimasak tidak sulit, kedua tidak banyak durinya, dan ketiga daging ikannya cukup tebal.

Berbeda dengan ikan bawal laut yang walau berbentuk sama pipih dan bulat juga dengan warna kulit (dengan sedikit sisik) yang keperakan, ikan bawal air tawar memiliki warna merah gradasi kuning di perut bawahnya.

Beberapa teman yang mampir di masukdapur terkadang bertanya tentang kandungan gizi suatu bahan pangan. Jika saya mempunyai sumber referensi biasanya dengan senang hati saya akan jelaskan atau paling tidak memberikan link-nya atau menyebutkan bukunya. Tetapi sering kali saya memang tak tahu sama sekali selain kandungan yang umum seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan ya ya vitamin. Misalnya, “Buah jeruk kaya akan vitamin c” :mrgreen:

Jadi apa kandungan gizi dalam ikan bawal laut? Saya sih menyimpulkan saja seperti kebanyakan ikan laut yang memiliki kandungan gizi yang tinggi begitu juga dengan ikan bawal laut. Hehe ..

Tapi walau mengetahui kandungan gizi bahan pangan itu penting tetapi yang penting lagi juga kan bagaimana mengolahnya menjadi hidangan yang enak ya? :mrgreen:

Tim Bawal

Bahan:
1 ekor ikan bawal laut ukuran sedang
4 cm jahe, iris tipis
1 batang daun bawang, iris serong
1 siung bawang putih, iris tipis
1 buah cabai merah, iris serong
1 sdm saus tiram

Cara membuat:

Taruh ikan di wadah tahan panas
Tutupi dengan irisan jahe, bawang putih, daun bawang, dan cabai merah
Tambahkan saus tiram
Kukus selama kurang lebih 15 menit
Angkat dan sajikan hangat

Gud lak! ; )

4 Comments

Add yours
  1. 1
    Harry Christian

    tentu saja ikan bawal ini gizinya sangat tinggi…karena ikan bawal ini termasuk ikan dilautan dalam. Karena ikan dilautan dalam mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung koroner, kolesterol,dll deh…

    tapi pada dasarnya saya tidak terlalu suka makanan-makanan rebus…paling cuma kacang rebus aja…:D

  2. 3
    hes

    @harry: wah, thx infonya mas harry. btw, ikan ini ngga direbus kok dikukus :mrgreen: hehe iya sama saya juga ..
    @uni: .. sebenarnya sih sama juga sama saya kok uni 😉

  3. 4
    bundadaffa

    wah……..klo ini sih saya suka masak buat daffa,soalnya klo setiap kali digoreng kan gak bagus jg buat dia…………

+ Leave a Comment