Diet Lunak


Menurut wikipedia indonesia, diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Dalam smallcrab.com disebutkan diet merupakan pengaturan atau pemilihan makanan yang harus dimakan oleh seseorang atau sekelompok orang. Diet tidak hanya ditujukan untuk penurunan berat badan saja. Ada beberapa tujuan dalam melakukan diet diantaranya adalah diet yang dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat, diet khusus untuk olahragawan, diet dalam masa penyembuhan dan lain-lain.

Sepulang dari rumah sakit dokter hanya menganjurkan bapak untuk menjalani fisioterapi dan diet lunak. Saya bukan termasuk pecinta diet jadi pengetahuan saya soal diet amat terbatas.

Tetapi tentu saja internet yang kaya akan informasi memudahkan saya untuk mempelajari apa itu diet lunak. Saya menemukan informasi yang saya cari di sebuah situs informasi kesehatan dan lain-lain bernama smallcrab.com.

Jadi diet makanan lunak itu adalah pengaturan pemberian makanan bergizi yang memiliki tekstur mudah dikunyah, mudah ditelan dan dicerna yang disesuaikan dengan keadaan penyakit. Dimana terdapat beberapa syarat dari makanan lunak yaitu diantaranya adalah makanannya harus lunak atau paling tidak dincincang tergantung kemampuan makan si pasien. Kalau bapak sih cincang oke lunak harus 🙂

Syarat lain adalah kecukupan gizinya (energi, protein, dan gizi lainnya) yang terus terang saya benar-benar lupa bagaimana menghitungnya *kuliah jaman dulu 😕 Hal ini berkaitan juga dengan apa penyakitnya. Baca-baca lebih jauh di blog budiboga.blogspot.com untuk hipertensi yang digunakan adalah diet DASH-Natrium (Dietary Approaches to Stop Hypertension-Natrium).

Konon asupan natrium yang berlebihan -dimana sumber utama natrium yang ada di makanan adalah garam- dapat menaikan tekanan darah. Sehingga dalam diet DASH Natrium ini dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah garam, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Balik lagi ke diet lunak, waktu makannya normal yaitu tiga kali sehari dengan porsi yang sedang ditambah dua kali selingan berupa kue-kue atau buah. Selain makanan yang harus lunak sebaiknya juga makanan tidak berbumbu tajam.

Biasanya saya masak sendiri untuk bapak tetapi jika tidak sempat karena anak-anak rewel atau saya sedang mengerjakan hal lain maka saya minta tolong Ceu Uju untuk memasakkan makanan bapak atas instruksi saya.

Ngomong-ngomong, Ceu Uju baru bekerja di rumah sejak bapak pulang dari rumah sakit untuk membantu saya dengan pekerjaan rumah tangga juga merawat bapak. Orangnya cepat belajar sehingga tak sulit menginstrusikan sesuatunya. Terus terang yang senang saya karena saya sekarang tak perlu lagi menseterika :mrgreen: Pekerjaan rumah tangga yang benar-benar tak bisa dikompromi rasa malasnya. Hehe ..

Saya sudah siapkan beberapa menu diet lunak untuk disajikan di masukdapur. Semoga bermanfaat 😉

Sumber:
  1. www.smallcrab.com/makanan-dan-gizi/617-jenis-makanan-untuk-diet
  2. budiboga.blogspot.com/2006/04/diet-dash-natrium-untuk-penderita.html

11 Comments

Add yours
  1. 1
    kar33nar3sh

    semoga bapak cepat pulih kesehatannya ya mbak…dan soal nyetrika…ternyata bukan cuma saya yang malas nyetrika…capeknya ga seberapa….puanassnya itu lho…

  2. 3
    'dee

    mudah2an bapak cepat sembuh ya hes…
    oh ya, gimana awis, hes? jatuh pas lagi ngapain… duh, kasian… mudah2an cepat sembuh lukanya.

    apa kabar hes… mudah2an hes selalu sehat ya…

    peluk hangat, d.~

  3. 4
    hes

    @kar33nar3sh: terima kasih mba dyah 🙂
    @ossy: betul emang semoga kelak ditemukan msin cuci yang bisa langsung menseterika :mrgreen:
    @’dee: terima kasih mba d. awis gpp lukanya mulai kering tapi belum buka jahitan 🙂

  4. 5
    yohan wibisono

    yah…semoga bapak cepat sembuh deh mbak. Btw, makasih juga untuk menu diet yang udah disiapkan di masukdapur….semoga bermanfaat juga buat yang lain ya mbak….salam

  5. 8
    anny

    Hes, bapak sekarang udah agak baikan kali ya? karena disuplai makanan yang tepat oleh Hes, info ini sangat berguna juga pastinya buat opungku yg pasca stroke, thx info nya ya Hes 🙂

+ Leave a Comment