Eggnog


eggnog

Saya tidak merayakan natal tapi saya selalu tertarik pada hidangan khas natal atau sajian khas hari perayaan agama yang lain. Selalu menyenangkan mencicipi masakan yang tidak biasa kita temui sehari-hari walau tentu saja kehalalan adalah syarat mutlak.

Salah satu sajian natal yang sering saya dengar atau lihat di film atau serial televisi adalah eggnog. Eggnog bisa sangat enak atau bisa sangat tidak enak tergantung bagaimana (atau siapa yang) membuatnya. Itu tentu saja saya tangkap dari jalan cerita dalam film atau serial tersebut πŸ˜›

Eggnog adalah minuman manis yang terbuat dari kuning telur yang dikocok lembut bersama gula yang kemudian dicampur air atau susu. Vanili, pala, atau kayu manis adalah rempah yang biasanya ditambahkan ke dalam minuman tersebut. Eggnog juga dikenal sebagai minuman perayaan musim dingin seperti perayaan Natal dan tahun baru dalam kebudayaan barat.

Sumber: id.wikipedia/eggnog

Walau sejarahnya minuman ini adalah minuman beralkohol (nog berarti bir dari bahasa inggris kuno) tetapi tentu saja tidak ada larangan untuk tidak memasukkan minuman berlkohol ke dalam minuman telur ini. Arti harfiah eggnog sendiri katanya adalah telur di dalam mangkuk kecil (id.wikipedia).

Seperti yang dilakukan Wicak saat menonton semi final Indonesia – Filipina hari minggu kemarin. Suami saya ituΒ  ‘meramu’ eggnog menggunakan campuran susu cair, minuman bersoda dan kuning telur yang dikocok lepas lalu diberi tambahan bubuk kayu manis. Saya cuma kebagian sedikiit πŸ™ Hihihi ..

Terus terang saja karena saya tidak pernah melihat apalagi mencicipi eggnog saya tidak tahu konsistensi cairannya. Apakah cair atau pekat seperti krim.

Eggnog

Bahan:

  • 3 kuning telur
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 cangkir minuman bersoda (sprite)
  • 1/2 cangkir susu cair
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 1/4 sdt bubuk pala

Cara membuat:

  1. Kocok kuning telur dan gula hingga lembut
  2. Campur minuman bersoda dan susu ke dalamnya, aduk rata
  3. Tambahkan bubuk kayu manis dan pala, aduk rata
  4. Sajikan
Lama membuat: 15 menit
Untuk 2 gelas

Selamat Natal! πŸ˜€

17 Comments

Add yours
  1. 9
    luv

    yummy banget keknya hes..
    keluarga saya yg natalan malah ngga pernah bikin eggnog atau menu ala eropa.menu natal selalu menu “jowo” banget.jadi boleh deh minta dikirimin eggnog juga buat variasi, hehe.

    • 10
      hes

      hahaha. saya lebih sering melihat keluarga yang merayakan natal di film-film jadi tahunya malah masakan khas natal a la barat :mrgreen: *payah yah* lagi nyari-nyari nih masakan nusantara yang khas natalan.

      thx yaa. btw, apa kabar ni? lama tak bersua πŸ˜‰ hihi

  2. 11
    luv

    hahaha.. pantes.

    kabar baeek hes..
    kalo natal di keluarga saya masakannya soto, sate, gudeg, ayam opor, seperti itu. berasa masakan lebaran aja cuma ga pakai ketupat hihihi.

    aku pernah baca kalau di maluku ada masakan “patita” yang kabarnya hanya dimasak saat tertentu saja seperti natal atau tahun baru, coba aja tanya mas google jeung πŸ˜€

    • 12
      hes

      Siap πŸ˜€ thx yaa. emang kebetulan lagi nyari masakan maluku juga ..
      btw patita kayanya bukan nama masakan. makan patita merupakan tradisi orang Maluku yang dilakukan untuk merajut kebersamaan orang bersaudara πŸ˜€

      • 13
        luv

        oo salah yah?istilahnya makan patita –> itu artina makan bersama? πŸ˜€ kirain nama makanan .. πŸ˜€ πŸ˜€ sok teu πŸ˜€

+ Leave a Comment