Es Jelly Santan (Kopyor Imitasi)

Es Jelly Santan (Kopyor Imitasi)



Es kopyor imitasi, ide dari Dewi Khoirinisa¬†di DapurMasak ini memang cemerlang. Kebetulan saat ini Dewi tinggal di Sofia, Bulgaria dan tidak menemukan kelapa muda jadi ia mencari alternatif lain. Keterbatasan sering kali melahirkan gagasan baru dan inovasi yang kreatif ūüėÄ Thank you for the recipe ya ..

Kopyor (yang oleh sebagian masyarakat di Jawa Tengah disebut¬†garoh) adalah kelainan¬†genetik pada¬†buah kelapa. Ciri kelainan ini adalah “daging buah” yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. (Wikipedia)

Hari minggu kemarin saya memasak sarapan agak kesiangan. Sehari sebelumnya saya sudah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat es kopyor imitasi ini.

Wicak¬†yang membuat ‘daging kelapa muda’-nya .¬†“I was tricked!” kata suami saya itu waktu datang ke dapur karena saya bilang mau menunjukkan cara membuat kopyor buatan, padahal mau minta tolong untuk membantu saya membuatnya :)) Haha.

Es Jelly Santan (Kopyor Imitasi)

Bahan:

  • 1 bungkus jelly plain (tidak berwarna)
  • 3 sdm gula putih (sesuai selera)
  • 1/4 sdt garam
  • 75 ml santan kental
  • 400 ml air
  • Es batu ukuran besar
  • Sirup coco pandan

Cara membuat:

  1. Campur jelly, gula, santan dan air, masak di atas api kecil hingga mendidih sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah
  2. Ambil sesendok adonan jelly dan tuang perlahan diatas es batu, usahakan bentuknya memanjang seperti serutan kelapa muda
  3. Lakukan hingga adonan jelly habis
  4. Aduk  jelly santan hingga terpisah-pisah
  5. Masukkan sekitar 2-3 sendok makan jelly ke dalam gelas, campur dengan sirup coco pandan dan air, aduk rata
  6. Tambahkan es batu jika suka
  7. Sajikan

Hasil 4-6 gelas

+ There are no comments

Add yours