Es Timun Suri


timunsuri

Sudah 18 hari di bulan Ramadhan sepertinya tidak ‘afdol’ kalau tidak mencicipi es timun suri Walau sebenarnya sih bulan puasa tentu saja bukan soal makanan yang sebaiknya dipentingkan. Bulan penuh berkah ini segala sesuatu memang terkadang begitu khas. Nuansa yang sering kali membuat rindu.

Timun suri atau mentimun suri –ada juga yang menyebutnya timun betik juga buah barte — adalah tumbuhan anggota suku labu-labuan. Buahnya biasa dijual secara musiman terutama pada bulan puasa Ramadhan. Daging buahnya yang sudah masak dijadikan bahan pelengkap minuman penyegar untuk berbuka. Meskipun demikian, timun suri bukanlah tanaman musiman karena dapat ditanam kapan saja. (id.wikipedia/mentimun_suri)

Timun suri banyak mengandung air sehingga baik dikonsumsi untuk mengembalikan cairan tubuh apalagi setelah berpuasa. Timun suri juga mengandung vitamin C dan serat yang katanya mampu mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan (Budi Sutomo).

Saya paling suka timun suri yang dicampur dengan sirup jeruk ditambah air. Resep andalan untuk buah yang teksturnya mirip dengan kentang rebus ini. Walau saya merasa lebih mirip busa kalau dipadatkan 😆 Rasanya memang tawar jadi dengan perpaduan sirup yang manis dan agak asam, es timun suri sirup jeruk memang yang paling pas.

Tetapi kali ini karena kebetulan tidak mempunyai sirup jeruk sementara di kulkas hanya ada minuman jeruk Pulpy Orange, salah satu minuman kemasan favorit, jadi saya pikir boleh juga sebagai pengganti sirup jeruk.

Es Timun Suri

Bahan:

  • 1 buah timun suri, belah dua, keluarkan bijinya, kerok daging buahnya
  • 2 botol Pulpy Orange

Cara membuat:

  1. Tampung daging buah dalam mangkok besar lalu tuang Pulpy Orange
  2. Aduk rata
  3. Sajikan dingin dengan es batu jika suka
Lama persiapan: 5 menit
Untuk 4 gelas

2 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

twenty + 2 =