Es Timun


estimun

Sepengetahuan saya sih es timun merupakan minuman khas Aceh. Entah karena setiap lebaran dulu tante saya yang berasal dari Aceh selalu membuatnya atau karena setiap kali ke tempat makan kahs Aceh saya selalu menemukan es timun

Biasanya sih kalau sedang rajin, saya membuatkan es timun untuk ayah mertua saya dulu sewaktu ia belum stroke karena beliau menderita darah tinggi atau untuk Wicak sepulang sholat Jum’at jika ia sedang libur. Biasa saja timun di serut, dikasih gula dan ditambah air matang plus es batu.

Saya lupa tepatnya kapan, saya, Wicak dan anak-anak makan di sebuah tempat makan dan memesan es timun. Es timunnya agak berbeda dengan yang biasa saya buat atau yang saya minum di tempat makan lain. Lebih segar. Ternyata es timun yang ini diberi tambahan sedikit perasan jeruk nipis. Saya geleng-geleng kok saya ngga pernah terpikir ya ..

Es timun yang biasa dibuat tante saya juga berbeda sih. Mungkin lebih tepatnya disebut rujak timun karena pedas dan masam. Biasanya selain timun, ia juga akan menambahkan parutan mangga kweni atau jeruk bali. Saya sih suka sekali. Enak diminum setelah santap makanan lebaran yang biasanya bersantan. Ah jadi kangen lebaran di Garut

Es Timun

Bahan:

  • 2 buah timun, serut
  • 3 sdm gula
  • 2 gelas air matang
  • 1 buah jeruk nipis, diperas ambil airnya
  • Es batu

Cara membuat:

  1. Aduk rata timun, gula, jeruk nipis, dan air
  2. Tambahkan es batu
  3. Sajikan
Lama persiapan: 5 menit
Untuk 1-2 orang

7 Comments

Add yours
  1. 1
    Erfano Nalakiano

    wah aku sudah mencobanya nih……yang di foto lagi hihihihihi
    Thanks mbak, nanti kau coba buat pas lebaran! 🙂

  2. 2
    melly

    dirumahku stiap bulan puasa bikin es timun..hehe
    aku jg baru tau, kirain waktu itu tante bikinnya dr timun suri, rasanya gk jauh beda sih, sama2 seger.

    tp klo dirumah ditambahin pake sirop. jadi manisnya dr sirop.
    seger bgt..maknyezz 😀

  3. 3
    trie

    Mba, Jujur aku belum pernah merasakan es timun,
    and saat ini aku makasih banget, jadi bisa tambah masukan dech, buat buka puasa

  4. 4
    anny

    Baru aja aku mau tanya di ym resep bikin es timun ini , he..he…btw aku udah coba nih dan Sekar suka , kalo rujak timun pastinya lebih seger ya Hes 🙂

  5. 5
    'dee

    yg aku kenal itu memang yg rujak itu hes..air jeruknya dari jeruk peras, lalu dikasih parutan mangga muda, garam, gula dan cabai rawit..aduh te-o-pe deh 🙂 d.-

  6. 6
    hes

    @anny: nyari mangganya dulu ah, aku juga kepengen nyoba bikin lagi rujak aceh ini. udah lama banget 😉
    @’dee: te o pe be ge te emang mba d :mrgreen:

+ Leave a Comment

nineteen − seven =