Foodphotography: Kamera Smartphone

Foodphotography: Kamera Smartphone


Kecuali akhir minggu, saya lebih sering memasak pada malam hari. Dengan keterbatasan alat foto dan cahaya, saya sering banget membuat bad food photo. Tapi bukan cuma keterbatasan alat sih lebih banyak keterbatasan kemampuan :))

Selama ini saya menggunakan kamera hape (smartphone) saya yaitu Blackberry Z10 atau kamera hape suami saya Iphone 4s untuk mendokumentasikan masakan-masakan saya.

Puas? Sudah pasti ada keinginan untuk meningkatkan kualitas foto-foto yang saya ambil. Dari sisi peralatan sudah pasti tetapi terlebih dari sisi kemampuan.

Kadang-kadang kalau lagi rajin membaca saya banyak membaca blog learnfoodphotography.com. Banyak tips bagi pemula seperti saya. Tetapi haduh yang paling buruk dari saya adalah seringnya didera penyakit malas 🙁

Walaupun keinginan untuk memiliki kamera semi profesional sangat sangat menggebu tetapi saat ini saya masih merasa puas dengan kamera hape saya. So, yang harus saya tingkatkan sekarang mungkin adalah teknik dan pengetahuan tentang do & dont saat mengambil gambar makanan dan minuman.

Saat ini saya masih sering mengedit entah itu mengcrop atau ‘memperbaiki’ warna dan cahaya foto-foto saya.

Lupa waktu itu baca dimana soal bad foodphoto nanti dicari lagi ah. Soalnya ada tips-tips menarik memotret dengan kamera hape.

Saya sudah pasti bukan profesional. Tapi ada beberapa hal yang saya perhatikan saat ingin mengambil foto sebuah masakan atau minuman.

  • Cerita/latar belakang

Saya senang mengambil latar belakang ruang terbuka seperti halaman. Selain memanfaatkan cahaya matahari juga tampak terasa luas fotonya. Haha apa sih? :))

aquafresca

Saya juga kadang-kadang suka memperlihatkan meja dapur yang kotor dan berantakan menandakan kalau ada proses pembuatannya loh bukan sekedar mengambil foto yang bagus saja (walo kadang ngga bagus juga fotonya hahaha).

carrotcake

Yang paling saya suka adalah mengambil gambar dengan latar belakang anakanak atau suami saya yang sedang menikmati makanan yang saya buat.

Saya suka foto-foto saya ‘bercerita’ tanpa saya harus menerangkan bagaimana perasaan orang-orang terutama keluarga saya menikmati hasil buatan saya.

esserutwortel

  • Properti

Properti jadi salah satu hal yang membuat foto tampak menarik menurut saya loh. Tidak harus yang unik atau mahal asal dikreasikan dengan menarik dan diambil sudut yang tepat pasti akan tampak keren.

Saya siiih belum pandai memanfaatkan perlengkapan yang ada. Sehingga saya agak banyak membeli perlengkapan unik untuk melengkapi foto-foto makanan/minuman saya.

Nah, ini juga tampaknya yang harus saya pelajari!

Beberapa foto dengan beberapa perlengkapan yang saya miliki misalnya dengan foto jus wortel ini. Saya punya botol keren yang saya beli dari seorang teman yang kebetulan juga seorang foodblogger dengan foodblognya yang keren.

Selain botol dan sedotan itu dibawahnya adalah talenan. Alas foto yang paling sering saya gunakan 😀

juswortel

Perlengkapan lain yang saya miliki adalah beberapa wadah piring dan mangkok beraneka ukuran. Terutama yang berwarna putih. Membuat masakan jadi terlihat lebih cerah.

ayampop

Selain wadah atau beberapa pernak pernik untuk foto saya punya juga beberapa alas. Misalnya seperti foto di atas, alasnya adalah beberapa papan. Papan ini saya beli dari seorang pemilik onlineshop dan juga foodblogger yang foto-fotonya keren semua.

Selain perlengkapan khusus, saya juga sering memakai perlengkapan seadanya. Karena saya toh juga ngga punya banyak-banyak amat perlengkapan khusus untuk foto :p

Misalnya mainan anak-anak dibelakang sebagai latar belakang dan sarung bantal sebagai alas taplak.

cookies

  • Berantakan

Hahaha, iya saya suka sengaja menabur bahan-bahan disekeliling makanan/minuman yang ingin saya foto. Iseng aja. Kadang dapat sudut yang tepat dan tampak bagus hasilnya tapi seringnya memang tampak berantakan :))

klapertart2

  • Cahaya dan Sudut Pengambilan

Terus terang saya ngga paham soal cahaya dan pengambilan dari sudut yang tepat. Biasanya kalau terlihat bagus berarti bagus. Yaah bagusnya menurut saya yang masih pemula sih. Haha.

Saya paling sering mengambil foto dari jarak dekat karena hasilnya biasanya bagus apalagi kalau bisa tertangkap detil dari hasil kue atau masakan yang kita buat.

bolutape_masukdapur

Tapi cahaya memang penting sih gimana pun. Cahaya yang bagus pasti akan membantu kita mengambil gambar yang bagus.

Cahaya yang paling bagus yah cahaya matahari kalau pun tidak ada karena sedang mendung atau malam hari usahakan mengambil gambar dengan pencahayaan yang cukup terang. Sebisa mungkin hindari penggunaan lampu flash.

Karena sering mengambil di malam hari saya biasanya mendapatkan hasil yang yang ngga memuaskan.

IMG_20140421_223606

  • Banyak Gambar dan Edit

Biasanya saya akan mengambil banyak gambar sehingga bisa dipilih mana kira-kira yang paling bagus menurut saya.

Kalau saya ngga menemukan yang bagus karena biasanya masakan yang saya buat harus segera dimakan karena supaya ngga dingin atau sudah sangat lapar, saya akan mengedit foto itu.

Hal yang pertama yang saya lakukan saat mengedit foto adalah memotong bagian yang menurut saya kurang bagus. Kemudian memperbaiki ‘cahayanya’ dengan mengubah brightness dan contrast.

Kalau lagi malas membuka laptop, biasanya saya mengeditnya bahkan di hape. Pokoknya suka sering malas deh 🙁

Ini contoh editan dari hape.

IMG_20140504_091920

IMG_20140504_091920_edit_edit

  • Perasaan

Naaah ini die deh, saya banyak mengambil gambar menggunakan filing karena saya tahu kemampuan dan pengetahuan teknik saya soal fotografi sangat sangat terbatas (kalau ngga mau dibilang nol besar hehe).

Hasilnya memang ngga selalu bisa diandalkan tetapi yang penting sih saya bisa mengekpresikan perasaan saya lewat masakan dari foto-foto yang saya ambil.

steaktempe

 Semua foto saya yang saya ambil masih jauh dari hasil terbaik. Tetapi saat ini rasanya belum penting untuk saya. Yang penting adalah saya menikmati setiap waktunya dan having so much fun.

Semakin senang saya, semakin saya merasa percaya diri dan itu baguss karena saya sangat-sangat minderan :p

4 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

8 + 7 =