Goreng Kacang Hijau


kacanghijau

Saya bukan penggemar kacang hijau walau tidak menghindarinya juga. Dari semua olahan kacang hijau, yang paling saya suka adalah rempeyek kacang hijau.Sementara anak-anak saya paling suka dengan es loli kacang hijau. Bukan karena kacang hijaunya tetapi karena mereka memang penggemar berat es krim :mrgreen:

Kacang hijau termasuk ke dalam suku polong-polongan dan merupakan sumber bahan pangan berprotein nabati yang cukup tinggi. Selain dimanfaatkan bijinya, kacang hijau juga dapat ditemukan dalam bentuk tepung. Ada dua jenis tepung yang berasal dari biji kacang hijau yaitu tepung kacang hijau dan tepung hunkue.

Tepung kacang hijau diproses dengan cara menghilangkan kulit biji lalu digiling dan diayak sehingga memperoleh tepung. Sementara tepung hunkue berasal dari pati biji kacang hijau. Pati diperoleh dengan cara proses ekstrasi basah sehingga didapatkan filtrat yang kemudian diendapkan sehingga diperoleh pati. Pati  dicuci dan dikeringkan untuk menjadi tepung. Salah satu makanan yang terbuat dari tepung hunkue adalah soun.

Referensi: web.ipb

Dua tahun yang lalu saya membaca artikel tentang hati tiruan yang terbuat dari kacang hijau. Artikel yang dimuat di Republika, Minggu, 10 Februari 2008 ini ditulis oleh Ayu dan Rini untuk CitizenJournalism-nya Republika dengan judul ‘Dari Kacang Hijau Tercipta Hati Tiruan’. Sebuah ide yang menarik!

Saat itu saya langsung mencobanya. ‘Hati tiruan’ itu kemudian saya olah lebih lanjut menjadi masakan balado. Sebenarnya olahan kacang hijau ini dari segi rasa dan penampilah memang lebih mirip tempe ketimbang hati. Tetapi memang lebih gurih. Jadi saya lebih suka menyebutnya ‘tempe’ kacang hijau.

Walau agak aneh juga sih karena menurut id.Wikipedia soal tempe, Kata tempe diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut Nah sementara olahan kacang hijau ini sama sekali tidak berwarna putih. Jadi namanya apa ya enaknya?

Goreng Kacang Hijau

Bahan:

  • 200 gram kacang hijau, rendam hingga mengembang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cangkir air
  • garam 1 sdt
  • 500 ml minyak goreng

Cara membuat:

  • Haluskan dengan blender semua bahan kecuali minyak goreng
  • Tuang dalam cetakan wadah tahan panas — yang anti lengket lebih baik
  • Kukus dalam dandang selama kurang lebih 30 menit
  • Angkat dan biarkan dingin
  • Setelah dingin potong-potong
  • Goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga kecoklatan
  • Angkat dan sajikan
Lama memasak: 1 jam
Untuk 4-5 orang

3 Comments

Add yours
  1. 3
    f

    MasterChef 2 akan segera kembali ke layar televisi anda. Jika anda berdomisili di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) berumur 18 tahun ke atas dan jago masak silahkan daftarkan diri anda segera.

    Hubungi saya Feridian di 021-72801001 (bisa langsung datang ke kantor fremantlemedia di Jl. Barito 2 no 3 Kebayoran baru) atau email ke feridian_adv02@yahoo.com. **(tulis (nama, alamat, perkejaan, no telepon, suka masak apa, foto)

    terimakasih

    *** boleh kok di sebar ke temen temennya yang jago masak.

    Anda jago masak dan ingin terkenal. ikuti masterchef 2
    hub. 021-72801001 atau email ke feridian_adv02@yahoo.com (nama, alamat, perkejaan, suka masak apa, foto)

+ Leave a Comment

3 × 2 =