Gepuk Daging


gepuk

Payah deh penghematan bulan ini tak berjalan dengan lancar 😛 Ditawarin daging has oleh tukang sayur langsung kepikiran bikin gepuk bukannya berusaha meredam keinginan. Padahal kemarinnya baru saja makan ayam kodok. Sigh! ..

Bulan puasa begini semua harga tiba-tiba naik .. bukan tiba-tiba sih memang sebelumnya juga sudah naik dengan peningkatan yang ngga masuk akal eh ngga  masuk kantong Semakin kita menyalahkan pemerintah dengan kebijakannya yang berubah-rubah dan sama sekali ngga bijak, semakin sakit hati kitanya. Menerima dengan pasrah juga sebenarnya bukan solusi yang sehat tapi yah tapi yah saya tidak tahu mau bilang apa ..

Penghematan skala rumah tangga memang solusi nyang paling mujarab untuk diterapkan bagi saya guna memenuhi semua kebutuhan utama terutama kebutuhan akan pendidikan anak-anak dan kesehatan keluarga. Tapi yah kadang bicara dan berencana memang lebih mudah dibandingkan merealisasikannya.

Jika sudah pusing dengan rencana-rencana tetapi belum ada yang terealisasikan karena faktor pribadi (kekurangan waktu misalnya atau yang paling sering: malas), saya akan merasa sangat sangat sebal dan bawaanya jadi merasa sangat capai. Hei hei i need time out

Loh loh loh ini curhat ngga penting namanya. Seharusnya bulan puasa ini dipenuhi dengan usaha untuk lebih bersabar, lebih bertawakal, lebih berusaha. Hei hei berkah berlimpah di setiap langkah dalam bulan Ramadhan 😀

So besok deh mencoba lagi untuk berhemat dengan tujuan belajar pertahanan diri meredam hawa nafsu (pada makanan). Hehe ..

Gepuk daging

Bahan:

  • 500 gram daging has, potong melebar sesuai serat daging
  • 750 ml air kelapa (bukan santan)
  • Haluskan: 4 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar
  • 2 buah gula merah
  • 1 sdt garam
  • 500 ml minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Rebus daging dalam air kelapa hingga mendidih
  2. Masukkan bumbu halus dan gula merah, masak hingga air meniris
  3. Tambahkan garam, aduk rata, masak hingga air mengering
  4. Angkat lalu gepuk (pukul) potongan daging dengan batu ulekan hingga agak pipih
  5. Goreng sebentar (sekitar 1 menit) potongan daging dalam minyak panas
  6. Angkat dan sajikan hangat
Lama persiapan: 10 menit
Lama memasak: 1 jam
Untuk 3-4 orang

Saya menyajikannya dengan tumis buncis.

8 Comments

Add yours
  1. 4
    anny

    Enakkkkkk……..sudah lama gak makan gepuk Hes, nuhun resepna nya
    direbusnya musti pake air kelapa ya hes? kalo air biasa gimana? mengurangi citarasa gepuk gak?

  2. 6
    Diah

    Mau coba… mau coba… mau coba, segera…! (dinyanyiin pake nada lagu “sedang apa, sedang apa, sedang apa sekarang… ;)) Kelihatannya simpel banget. Nyobain ah…

+ Leave a Comment

one × two =