Harihari Puasa: Lemonade


Ah, bukan bermaksud menggoda dengan limunan aih minuman dingin nan segar di siang terik pada bulan puasa ini. Hanya saja beberapa hari kemarin saya membuat minuman ini untuk penyegar setelah makan malam selesai berbuka.

Lemonade adalah minuman dengan rasa lemon. Bahan utamanya mudah saja: lemon, air dan gula. Perbandingan antara keasaman dan rasa manis yang tepat akan menciptakan rasa yang enak dan tentu saja segar. (wikipedia)

Biasanya di musim panas anak-anak di amerika sana sering membuat stand-stand kecil untuk mereka berjualan lemonade di depan rumah mereka. Ini saya lihat di film-film loh :mrgreen:

Sayangnya kami menikmatinya di malam hari, sebenarnya kurang pas. Apalagi kemudian cahaya yang kurang untuk membuat foto yang bagus hehe ..

Ternyata terdapat tiga macam jenis minuman yang disebut dengan lemonade (Wikipedia):

  • “Clear” lemonade: Di berbagai negara di Eropa Barat, limonade atau lemonade adalah air putih (yang tawar) atau air soda yang ditambahkan sari lemon. Walaupun ada juga limonade yang telah diberi pemanis.
  • “Cloudy” lemonade: Di AS, Kanada, India, dan Pakistan (Nimbu Paani), lemonade adalah perpaduan antara lemon, gula, dan air putih (bukan soda). Walaupun ada banyak versi yg mengandung rasa buatan, bukannya lemon sungguhan. Di Pakistan, Nimbu Paani biasa dibuat di rumahan, menggunakan perasan lemon, gula pasir, garam (dan rempah lain sebagai perasa) dan selalu dinikmati dalam keadaan segar.
  • “Fizzy” lemonade: Di Perancis, limonade mengacu pada minuman ringan manis bersoda rasa lemon. Sementara di Inggris, Australia dan Selandia Baru lemonade adalah minuman bersoda, tidak berwarna, yang mengandung perasa lemon asli atau buatan. Sedangkan di Swedia lemonad sama dengan minuman bersoda, dimana minuman cola termasuk di dalamnya.lemonade1

Kalau di Indonesia mungkin namanya limun ya πŸ˜‰ Tapi limun identik juga dengan minuman berbagai rasa, bermacam warna, baik bersoda maupun tidak.

Inget ngga di jaman SD dulu ada limun sarsaparila?Β  :mrgreen:

Lemonade

Bahan:

  • 2 buah jeruk lemon, potong dua
  • 6 sdm gula pasir
  • 500 ml air dingin
  • Es batu

Cara membuat:

  1. Peras jeruk lemon
  2. Tambahkan gula, aduk rata dengan sedikit air
  3. Masukkan sisa air, aduk rata
  4. Sajikan dengan es batu

Ugh segeer! TigaΒ  jam lagi menjelang berbuka πŸ˜‰

4 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

18 + 3 =