Homemade Egg Pasta

Homemade Egg Pasta


Baru ngeh tema MasakBarengYuuk di hari terakhir :'( Jadi pakai postingan lama deh. Semoga masih memenuhi persyaratan 😉

“Once you’ve taste fresh homemade pasta, you can never go back to a store bought one” kata Cooking DJ di Dapurmasak.com. Ia berbagi resep pastanya di situs tersebut.

Dapurmasak.com adalah sebuah situs berbagi resep masakan. Bukan hanya saling berbagi resep, di situs ini juga kita bisa ‘memasak bersama’.  Resep-resep yang ditampilkan di situs tersebut bisa dicoba dan hasilnya bisa diperlihatkan pada teman-teman yang tergabung disana. Satu resep dimasak bersama 😀

Saya mencoba membuat pasta buatan sendiri ini kemarin pagi menjelang sarapan. Karena waktu mepet dan ketidaklengkapan alat, pasta saya tidak cukup bagus.

Tetapi untuk percobaan pertama lumayanlah. Kali ini saya mencoba membuat pasta ravioli yaitu pasta kotak yang berisi keju. Tapi saya membuatnya segitiga untuk menghemat waktu.

Suami saya menghabiskan 4 ravioli ukuran sedang dan 1 ravioli raksasa (iseng bikin ukuran besar) dan anak perempuan saya juga menghabiskan satu ravioli raksasa yang saya buat untuk bekal di sekolahnya. Anak laki-laki saya tidak suka memakannya, dia lebih suka memainkan adonannya untuk dibuat ular-ular atau bola-bola. Yaah tak apalah asalkan semua senang 😀

Homemade Egg Pasta

(resep asli di dapurmasak.com, ini adalah resep modifikasi saya)

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 buah telur
  • 2 sdm minyak (olive oil)
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan lalu uleni hingga kalis, diamkan sejenak dalam wadah tertutup kain
  2. Alasi tempat yang datar lalu taburi dengan tepung
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan lalu giling kemudian dilipat lalu digiling lagi
  4. Mesin penggiling pasta >> Masukkan ke dalam mesin penggiling dan lakukan penggilingan hingga ketebalan yang diinginkan).
  5. Jika tidak mempunyai mesin penggiling pasta >> Gunakan penggiling kayu atau permukaan botol yang sudah dibersihkan. Lakukan lipat giling paling tidak sebanyak 3 kali, lalu giling sesuai ketebalan yang diinginkan
  6. Potong-potong sesuai pasta yang ingin dibuat. Saya membuat ravioli (segitiga). Potong pasta menjadi bentuk kotak-kotak kecil lalu taruh keju di tengah dan lipat hingga membentuk segitiga, rapatkan.
  7. Rebus pasta sekitar 5 menit atau sesuai tingkat kematangan yang diinginkan
  8. Sajikan dengan saus favorit 😉

5 Comments

Add yours

+ Leave a Comment