Ikan Ekor Kuning Goreng


Masih cerita soal kemarin lusa, ikan ekor kuning goreng dengan sambal kecap jadi andalan saya untuk makan malam hari itu (paginya suami saya mengusulkan masak ikan untuk makan malam karena saya kehabisan ide akan masak apa hari itu) . Saya tidak begitu suka ikan sebenarnya (karena terlalu berduri) tapi kalau makan bareng suami, ikan kok rasanya jadi enak sekali (ehm) walau tetap saja berduri.

Tapi akhir-akhir ini ikan goreng kok rasanya jadi ngga asyik lagi kalau dimakan malam hari apalagi hari kerja. Jadi saya putuskan untuk tidak memasak ikan goreng lagi untuk makan malam pada hari-hari tersebut.

Saya biasa membumbui ikan sebelum digoreng. Biasanya sih kalau saya malas, saya cuma memberi garam dan jeruk nipis pada ikan sebelum digoreng tapi kok rasanya kurang gurih ya. Bumbu yang bisanya saya gunakan adalah:ketumbar, bawang putih, garam, jahe, dan kunyit (urutannya sesuai dengan yang pertama kali harus digerus). Lalu masukan ke wadah berisi ikan yang sudah dibersihkan dan ditiriskan sebelumnya. Tambahkan jeruk nipis. Diamkan dalam kulkas sebelum digoreng. Ikan lebih enak panas-panas ketika disajikan. Jadi sebaiknya digorengnya sesaat sebelum makan.

Pelengkap ikan goreng ini adalah sambal kecap jahe (atau sambal jahe kecap?). Cara membuatnya? Paling gampang. Iris-iris semua bahan yang terdiri dari bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan jahe. Masukan dalam wadah dan tambahkan kecap manis. Potong dua bagian jeruk limo, buang biji. Peras dalam sambal kecap. Sambal siap disajikan.

Gud lak!

+ There are no comments

Add yours

3 − 2 =