Kakap Goreng Bumbu Tauco

Kakap Goreng Bumbu Tauco


kakaptausi Resep aslinya namanya Fried Fish Fillet with Fresh Tomatoes in Tausi Sauce resepnya Chef Joy di DapurMasak. Saya ganti judulnya, menyesuaikan dengan bahan-bahan yang saya pakai 😉

Sebulan ini saya lagi malas luar biasa ke dapur untuk mencoba makanan atau resep baru. Kalau kata suami saya, saya mudah teralihkan. Ada pikiran sedikit langsung buyar deh rutinitas saya. Memadamkan semangat saya.

Memang ngga bener sih jadi banyak banget nih ilmu yang perlahan memudar karena ‘kebiasaan’ buruk saya itu. Ini kok jadi curcol. Hehe. Intinya sih saya sudah memasak ini berbulan lalu. Ada banyaaak masakan yang belum sempat saya posting karena beberapa kesibukan saya dengan kerjaan rumah dan bolak balik sakit kepala karena magh. Duh.

Ayuklah olahraga dan hidup sehat biar badan sehat pikiran juga sehat 😉

Kakap Goreng Bumbu Tauco

Bahan:

  • 500 gram kakap fillet, potong sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis
  • 100 gram tepung maizena
  • 250 gram minyak untuk menggoreng
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • 2 buah cabai merah, potong serong
  • 3 sdm tauco
  • 4 buah tomat merah, potong-potong
  • 5 sdm saus tomat
  • 2 cm jahe, parut
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 cangkir air matang

Cara membuat:

  1. Rendam potongan ikan kakap dengan jeruk nipis, garam dan lada
  2. Balut dengan tepung maizena dan goreng hingga kecoklatan di kedua sisi
  3. Angkat, sisihkan 
  4. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu
  5. Masukkan cabai, tauco, tomat potong dan saus tomat, aduk rata
  6. Tambahkan jahe, saus tiram dan minyak wijen dan air, masak hingga saus mengental
  7. Tambahkan dengan garam, lada, dan gula pasir, aduk sebentar, angkat
  8. Atur ikan goreng diatas piring lalu tuang saus yang sudah matang
  9. Sajikan hangat

+ There are no comments

Add yours

10 − four =