Kecombrang


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecombrang adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Kecombrang dikenal juga dengan nama kantan atau honje.

Tanaman kecombrang sejenis dengan tanaman hias pisang-pisangan. Tanaman ini juga mirip sekali dengan tanaman lengkuas/laos.

Saya mengenal  kecombrang setelah menikah. Keluarganya Wicak biasanya menikmati pecel dengan sedikit taburan kelopak bunga kecombrang ini. Sedap memang 🙂 Ternyata kelopak bunga kecombrang yang dikukus memang bagian dari pecel di daerah Banyumas.

Di Jawa Barat sendiri kelopak bunga kecombrang sering dijadikan lalap dengan cara direbus lalu dimakan bersama sambal. Di Pelabuhan Ratu, buah dan bagian dalam pucuk kecombrang sering digunakan sebagai campuran sambal untuk menikmati ikan laut bakar.

Buah kecombrang muda disebut asam cekala di Di Tanah Karo. Kuncup bunga serta “polong”nya menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo. Selain itu juga menjadi peredam bau amis sewaktu memasak ikan. Masakan Batak populer yang populer seperti arsik ikan mas juga menggunakan asam cekala ini.

Beberapa masakan yang pernah saya buat dengan kelopak bungan kecombrang adalah sambal kecombrang dan sayur singkong 🙂

Sumber: Wikipedia

+ There are no comments

Add yours

4 × one =