Keju, Telur, dan Kacang merah


Saya suka keju. Sukaa sekali.. Biasanya kalau sedang sendiri di rumah dan masih ada keju dan telur di kulkas saya akan membuat telur orakarik (scramble egg) lapis keju. Hmmmm nyam nyam..

Tapi kemarin ada cerita lain..

Kemarin saya membuat sayur asam manis kacang merah. Sayur tersebut belum habis pada pagi harinya jadi saya me’remake’nya menjadi kacang merah goreng. Caranya sih sederhana aja tanpa tambahan bumbu. Saya memanaskan minyak goreng dalam wajan, meniriskan sayur kacang merah hingga tidak berkuah, lalu men’cemplung’kannya ke dalam minyak panas sampai kacang garing lalu bisa diangkat (sebaiknya sering diadukaduk). Bumbu sayur asam manisnya sudah meresap dalam kacang merah tersebut, rasanya gurih asam dan manis 🙂

Kacang merah goreng yang seyogyanya harus habis untuk sarapan ternyata belum habis juga. Karena kebtulan sekali siang itu saya sangat ingin mengemil sesuatu maka saya me’remake’ kembali kacang merah goreng tersebut.

Saya merebus lagi kacang merah goreng tersebut dengan tambahan 2 sendok saus tomat dan 1 sendok saus sambal, lalu membiarkan air rebusan mengering dan kuah menjadi kental. Walla! Saus tomat kacang merah..

Saus itu saya siramkan diatas telur orakarik yang sudah saya sebutkan diatas (mengorakarik telur itu caranya telur dikocok dulu dalam wadah, lalu dimasukkan dalam wajan dengan sedikit margarin atau minyak goreng, lalu dikocok dengan garpu hingga menggumpal dan matang). Terakhir adalah keju parut dilapisan paling atas (keju tersbut kemungkinan akan ada yang meleleh karena saus dan telur yang masih panas). uuuhhhh..

well, tidak ada sisa makanan yang terbuang! :p

Categories

+ There are no comments

Add yours

ten − five =