Keju Yogurt


Yogurt Cheese hubpages.com

Bincang-bincang dengan Wicak malam kemarin soal keju yang dibuat di rumah, ia bercerita kalau ia pernah membaca ada metode lain untuk membuat keju di rumah.

Suami saya itu menjelaskan salah satu cara membuat keju dengan yogurt. Yogurt adalah produk susu yang telah melalui fermentasi. Rasanya masam tetapi segar dan konon menyehatkan. Walaupun sama-sama merupakan hasil fermentasi, setiap negara memiliki yogurt khasnya masing-masing.

Keju yang dibuat dari yogurt ini cara pembuatannya relatif sederhana tetapi memang memerlukan kreativitas dan kesabaran.

Kain blacu yang bersih digunakan sebagai wadah pembuatan keju yogurt ini. Yogurt plain dibungkus dengan kain blacu. Ikat kuat kain tersebut sampai keluar cairan. Gantung bungkusan yogurt tersebut di dalam lemari es. Tampung air yang keluar dari bungkusan tersebut. Jika air sudah tidak keluar, pererat lagi ikatan dari kain.

Tapiii.. ada cara lebih gampaanggnya lagi. Siapkan mangkuk, saringan besar, kain blacu, dan kertas alumunium. Letakkan saringan diatas mangkuk, upayakan ada ruang antara alas mangkuk dan saringan, taruh kain blacu yang telah dilipat dua di dalam saringan. Masukkan yogurt plain, tutup mangkuk dengan kertas alumunium. Simpan di lemari es kurang lebih 12 jam atau semalaman.

Cara yang kedua bisa dilihat di You Tube.

Keju yang dihasilkan kekentalannya akan menyerupai cream cheese. Cream cheese biasanya dinikmati dengan cara dioleskan ke roti atau menjadi celupan (dip).

Proyek baru di masukdapur! 😀

Categories

4 Comments

Add yours
  1. 3
    wandi

    maaf mau bertanya

    youghurt nya yang udah jadi atau olahan sendiri ??

    keju yang di pakai keju apa ??

    ditunggu jawabannya

    terima kasih

+ Leave a Comment

seventeen + seventeen =