Kemangi Sambal Pecel


bum_sambelpecelFacebook adalah jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi. Seperti masukdapur contohnya, kami mempromosikan postingan terbaru di blog ini dengan menampilkan link di pages masukdapur atau di akun personal hes.

Tidak sedikit juga yang mempromosikan dagangan secara online. Salah satu teman facebook yang aktif mempromosikan dagangannya adalah Kemangi Sambel Pecel.

Mungkin karena terlalu sering melihat update status dari Kemangi Sambel Pecel, saya akhirnya tergoda untuk mencobanya. Sekaligus ide untuk update review produk di masukdapur. Sambil menyelam makan pecel aih maksudnya sambil menyelam minum air :mrgreen:

Sambel Pecel Kemangi menawarkan paket minimum order 1 kg. Kemasan yang tersedia adalah kemasan 250 gram dalam botol plastik kecil. Sehingga dalam satu paket 1 kg pembeli akan mendapatkan 4 botol Kemangi Sambel Pecel. Harga per kg adalah Rp. 49.500 ditambah ongkos kirim.

Tersedia 3 tingkat kepedasan: tidak pedas, pedas sedang, dan pedas. Ketiga tingkgadogado_sambelpecelat kepedasan itu bisa didapat dalam paket 1 kg tersebut tergantung permintaan. Saya memesan 2 botol sambel pecel pedas sedang, 1 botol sambel pecel tidak pedas, dan 1 botol sambel pecel pedas.

Setelah melakukan transfer pembayaran  pada hari pemesanan, besok sorenya saya mendapatkan kabar bahwa sambel pecel pesanan saya sudah terkirim. Tidak sampai 2 hari kami sudah menikmati sambel pecel kiriman dari Blitar. Yeah yeah!

Untuk menu pertama saya menyajikan Kemangi Sambel Pecel pedas (dan tidak pedas, untuk anak-anak) bersama dengan beberapa jenis sayuran seperti kol, kacang panjang, bayam, wortel, labu siam, dan toge yang direbus. Pelengkapnya tempe goreng yang dipotong kotak kecil dan telur rebus.

Menu kedua beberapa malam kemudian, saya menyiapkan sambel pecel untuk resep Pecel Madiun.

Dalam Wikipedia Indonesia disebutkan Pecel adalah makanan khas Kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Masakan yang merupakan perpaduan berbagai rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel.   Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam.

Pecel Madiunpecelmadiun_sambelpecel

Bahan dan cara menyiapkan:

  • Kacang panjang, potong-potong, cuci, rebus 3 menit, sisihkan
  • Bayam, siangi, cuci, rebus 3 menit, sisihkan
  • Tauge, cuci, rendam air panas 3 menit, sisihkan
  • Kemangi, siangi, cuci bersih
  • Timun, cuci, potong tipis

Pelengkap:

  • Rempeyek teri
  • Kemangi Sambel Pecel pedas sedang
  • Kering tempe balado

Cara membuat kering tempe balado:

  1. Satu kerat tempe, potong korek api, goreng kering
  2. Haluskan 4 buah cabai merah dan 2 siung bawang putih
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan 3 sdm minyak goreng
  4. Tambahkan 1/2 sdt garam dan 1 sdt gula pasir, aduk rata
  5. Masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk rata
  6. Angkat

Cara penyajian Kemangi Sambel Pecel mudah. Saya menambahkan kurang lebih  100 ml air panas untuk 250 gram sambel pecel lalu aduk rata. Penambahan air ini tergantung selera sebenarnya, jika suka agak cair maka air bisa ditambahkan lagi. Mungkin ini kenapa tak dijelaskan berapa banyak air yang dapat ditambahkan pada cara penyajian di kemasannya.

Menurut saya dan suami, rasa Kemangi Sambel Pecel pedas adalah yang paling enak. Bumbu-bumbu seperti kencur, daun jeruk, dan asam terasa lebih kuat dibandingkan pada Sambel Pecel Kemangi pedas sedang dan tidak pedas. Suami saya mendeteksi adanya kencur sementara saya suka sekali pada rasa dan aroma daun jeruknya. Rasa pedasnya sendiri membangkitkan selera makan. Sssshhh …

Kemangi Sambel Pecel pedas sedang dan tidak pedas terasa lebih manis dibandingkan dengan Kemangi Sambel Pecel pedas. Sehingga kami berasumsi penambahan gula merah dan kacang pada Kemangi Sambel Pecel kedua tingkat kepedasan ini agak lebih banyak. Hal ini yang membuat kami menduga penambahan ini menutup rasa bumbu-bumbu. Tetapi ini hanya dugaan kami loh :mrgreen:

Sambel pecel yang pedas sedang mempunyai tingkat kepedasan yang pas jika tak terlalu suka pedas. Sementara sambel pecel yang tidak pedas rasa pedasnya terasa samar. Menurut saya sih sudah cukup karena jika tak terasa pedas sama sekali sambel pecel jadi kurang enak 😉

Pada akhirnya sih kami puas dengan rasa yang dihadirkan oleh sambel pecel yang konon tanpa bahan pengawet ini. Jika disimpan ditempat yang kering sambel ini katanya mampu bertahan hingga 7 hari sementara jika disimpan di lemari es kemampuan bertahannya mencapai 30 hari.

Saya sendiri puas dengan kemasannya.  Jika saya hanya menggunakan separuhnya, sisanya terlindung aman dalam wadah dengan tutup yang rapih dan kuat. Ukuran 250 gram saya sajikan dalam sekali makan untuk porsi sekitar 3-4 orang.

Saya masih punya Kemangi Sambel Pecal pedas sedang dan setengah bagian yang tidak pedas di lemari es. Mungkin besok-besok saya akan sajikan sebagai sambel makan ayam goreng atau tempe goreng. Sip! 😉

13 Comments

Add yours
  1. 4
    hes

    @anny: mudah karena ga perlu ngulek teh ani :mrgreen:
    @yessi: 😀 tinggal rebus aja kok sayurannya hehe. thx ya
    @zara: wah kalo begitu harus coba zar! 🙂

+ Leave a Comment