Ikan Kembung Belado


kembungbeladoMenyenangkan sekali bertemu dengan teman-teman baru lewat pages masukdapur di Facebook. Saya yang suka kelimpungan ‘Mau masak apa ya hari ini?‘ seringkali malah mendapatkan ide dari komentar-komentar di pages tersebut.

Seperti misalnya beberapa waktu lalu sewaktu saya memasang link Pepes Peda, mba Danna berkomentar ‘ngeliwet yu klo gt…^^’. Saya langsung mencari resep nasi liwet 😉 Tapi sayangnya sampai sekarang belum sempat mencobanya walau penasaran sekali, mungkin besok atau lusa deh. Hehe ..

Hari ini mba Hadyaswarini Widya mengutarakan rencananya untuk memasak ikan kembung belado dan daun ubi tumbuk khas Batak. Sewaktu saya bertanya resep sayur ubi tersebut, beliau langsung memberikan resepnya lengkap. Wah, saya senang sekali 😀 Terima kasih banyak ya mba Widya …

Kebetulan abang tukang sayur lewat depan rumah membawa ikan kembung segar, saya jadi tergoda juga untuk memasak ikan kembung belado. Tetapi sayangnya ia tidak membawa daun singkong apalagi kecombrang jadi saya tunda dulu deh membuat sayur ubinya.

Ikan Kembung Belado

Bahan:

  • 4 ekor ikan kembung, bersihkan, cuci, rendam dengan air jeruk nipis dan sedikit garam
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 buah bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Goreng ikan kembung hingga matang dan cukup garing, sisihkan
  2. Haluskan cabai merah dan bawang merah
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang
  4. Tambahkan garam dan gula, aduk rata
  5. Aduk tumisan cabai dengan ikan kembung goreng
  6. Sajikan hangat

Gud lak! 😉

+ There are no comments

Add yours

15 + seventeen =