Ketan Mangga khas Thailand


manggaketan

Sekali dua kali melihat artikel yang menampilkan dessert khas Thailand ini jadi kepingin juga mencicipi.

Kepengennya sih makannya di tempat makan khas Thailand biar tahu rasa aslinya juga biar sekalian mencicipi makanan yang lainnya  😉

Tapi karena sekarang agak sulit keluar rumah dan juga dalam rangka penghematan jadi bikin aja sendiri. Rasanya ngga dijamin sesuai aslinya karena ngga punya bandingannya. Hehe ..

Awalnya sih sewaktu ke pasar tergoda melihat mangga gedong yang kuning kemerahan. Ternyata mangga gedong itu mahal ya? Harganya sekitar Rp.20rb per kilogram atau karena sedang tidak musim ya?

Tetapi rasanya sih emang enak banget. Manissss. Walau saya masih lebih suka pada mangga harum manis dan mangga muda untuk di rujak :mrgreen: Ssshh ..

Mangga Ketan khas Thailand

Bahan:

  • 100 gram ketan putih, rendam semalam
  • 2 buah mangga (bisa mangga apa saja yang manis)
  • 1/2 cangkir air matang
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 150 ml santan kental

Cara membuat:

  1. Kukus ketan yang sudah direndam sekitar 10 menit
  2. Buka tutup panci pengukus/dandang lalu tuang rata air matang yang sudah dicampur garam di atas ketan yang baru setengah matang, aduk rata
  3. Kukus kembali sekitar 10 menit hingga ketan matang
  4. Rebus santan berasam gula dan sedikit garam hingga mendidih
  5. Potong-potong mangga
  6. Sajikan ketan dengan santan dan mangga

Ketan yang gurih dipadukan dengan santan dan mangga yang manis ternyata enak ya? ..

Gud lak! 😉

7 Comments

Add yours
  1. 6
    Zee

    Hadooh.. Aq ga bsa2 nih bikin ini.. Rasax berrbedaaa dr yg pernah ku cicipin.. Sampe2 minta d copiin resepnya ma temen ku, tp tetep ajahh.. Beda!! =))

+ Leave a Comment

16 + 10 =