Kol Hari Mencuci


Dulu sewaktu saya kecil, saya pernah membaca sebuah cerita anak yang berjudul Hari Mencuci. Dulu sih ngga paham apakah cerita itu adalah cerita yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau cerita yang diterjemahan. Tapi setelah diingat-ingat sepertinya cerita itu adalah cerita yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Kalau saya tak salah ingat begini ceritanya:

Seorang anak perempuan sedang berada di rumah kakek neneknya tepat pada hari mencuci. Apa itu hari mencuci? Hari mencuci adalah dimana semua seprai dilepas dari kasur, semua tirai diturunkan, taplak-tapla meja. Semuanya dimasukan ke dalam gerobak dorong dan didorong menuju tempat cuci.

Tempat cucinya sendiri masih sangat kuno. Ada bak-bak berisi air sabun yang melimpah, bak berisi air panas, alat-alat giling atau alat peras yang kuno. Semua seprai, tirai, taplak dicuci ditempat itu lalu setelah dijemur di kain-kain yang dipasang hanya saat hari mencuci.

Setelah semua cucian selesai dijemur. Mereka akan pergi ke dapur menunggu sang nenek memasakkan mereka makanan spesial yang ia namakan: Kol Hari Mencuci.

Masakan sederhana ini, diceritakan dalam cerita tersebut, hanya terdiri dari tumisan lemak sapi dan kol. Tetapi karena mereka sudah kelelahan karena mencuci, masakan ini selalu terasa enak.

Mengingat cerita ini adalah terjemahan dan saya hanya mengingat intinya saja, saya jadi tidak yakin apakah masakan tersebut memang berupa lemak sapi dan kol atau terjemahannya kurang benar menafsirkannya. Yang saya ingat hanyalah saya ingiiinnn sekali mencoba masakan tersebut :mrgreen:

Wicak berusaha mencarikan saya edisi asli dari cerita tersebut sehingga bisa melihat sendiri apa yang sebenarnya diterjemahkan sebagai: lemak sapi dan kol tersebut. Tetapi agak sulit karena saya rasa bukunya tidak lagi dicetak. Thanks anyway dear ..

Kol Hari Mencuci a la heskolharimencuci1

Bahan:

  • 250 gram sandung lamur (Inggris: Brisket. Bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak.  Biasanya bagian daging sapi ini agak berlemak)
  • 1/2 bagian kol, iris
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 cangkir air matang
  • 2 sdm margarine

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum dengan margarine
  2. Masukkan sandung lamur aduk hingga berubah warna
  3. Tambahkan air, aduk, masak hingga air meniris
  4. Masukan kol, kecap, garam dan gula, aduk-aduk hingga kol layu
  5. Sajikan segera saat panas

Walau enak, ini mungkiinn bukan tergolong makanan sehat ya? Karena mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. So jangan sering-sering kali ya. Mungkin disajikannya saat hari mencuci saja 😆

5 Comments

Add yours
  1. 4
    trie

    mba, dalam benak saya KOL HARI MENCUCI,adalah masakan sayur tumis kol yg bumbunya :
    cabe merah, bw merah, bw putih semuanya ditumis + garam + gula, kalo bumbunya sdh matang, masukan rajangan kol yg diiris halus. gak taunya beda

  2. 5
    hes

    @trie: wah mba trie juga punya masakan KOL HARI MENCUCI? :mrgreen: saya juga hanya mengira-ngira bumbunya mba soalnya resep ini saya buat mengandalkan ingatan akan buku waktu kecil dulu 😉 trims mba trie ..

+ Leave a Comment

sixteen + ten =