Kue Pancong


kuepancong1Setiap pagi di depan rumah ada tukang kue pancong yang lewat. Beberapa kali saya membeli untuk makanan ringan pagi hari sebelum sarapan biasanya pada hari sabtu atau minggu.

Berusaha mencari tahu asal muasal kue pancong saya menemukan ada beberapa jenis kue dengan bentuk yang sama dengan kue pancong ini tetapi tentu saja dengan nama yang berbeda. Nama yang berbeda, bahan yang berbeda dan cara penyajian yang juga berbeda.

Kue pancong biasanya polos karena adonannya sudah manis. Terbuat dari tepung terigu, gula dan telur, adonan kue pancong betawi mirip adonan kue pukis. Lain lagi dengan kue pancong yang terbuat dari tepung beras dan kelapa biasanya kue pancong seperti ini disebut bandros yang berasal dari Jawa Barat terutama di Bandung. Bandros biasa dinikmati dengan taburan gula pasir.

Sejenis dengan bandros, terkenal juga kue rangi Betawi. Perbedaannya hanyalah pada banyaknya parutan kelapa yang digunakan. Pada kue rangi parutan kelapa yang digunakan lebih banyak dan setelah matang disantap bersama saus gula merah yang kental.

Bandros dan kue pancong memang hampir mirip sehingga nama keduanya sering kali tertukar. Saya mah ngga usah pilih-pilihlah yang pasti doyan semuanya 😆

Berikut adalah resep dari Bogasari untuk kue pancong yang saya rasa sebenarnya adalah variasi dari bandros ..

KUE PANCONG

Bahan dan Bumbu :

  • 250 gr kelapa setengah tua diparut
  • 250 gr tepung beras PulenSari
  • 1 sdt garam
  • 600 mL santan
  • 2 lbr keju diiris pajang kecil

Cara Memasak :

  1. Campur kelapa parut dengan tepung beras PulenSari dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan santan yang telah direbus sedikit demi sedikit hingga habis sambil diuleni.
  3. Panaskan cetakan kue pancong, masukkan adonan kue pancong ke dalam cetakan. Beri irisan keju lalu tutup dengan tutup cetakan kue pancong.
  4. Setelah matang, angkat & hidangkan.
  5. Untuk variasi hiasan bagian atas (topping), selain keju irisan dapat juga diberi cokelat, kismis, nangka, ayam giling bumbu opor dan lain-lain.

Kalau sudah punya cetakannya kapan-kapan bikin ah! 😉

7 Comments

Add yours
  1. 7
    bundadaffa

    sama dong klo gitu,warnanya kuning trus ada semburat coklatnya,favoritnya adekk saya banget,klo saya sih lbh suka yg asin………

+ Leave a Comment

fourteen − 6 =