Kue Ulang Tahun Pernikahan (Truffle Chocolate Torte..)


Beberapa minggu ini semenjak kehamilan menginjak usia ke 33 minggu memasak jadi ngga terlalu menyenangkan (kecuali waktu memasak Nasi Goreng Kunyit untuk Lomba Masak Virtual-nya Blogfam dan kemudian menang! :p). Bawaannya capai dan malas banget, pengennya tiduran terus, sambil baca buku dan kalau ada, ‘ngemil’ makananmakanan kecil dan minumanminuman dingin yang manis. Slurpp!

Alasan pertama karena kalau kelamaan berdiri, kaki jadi kram, pegel, dan sakit banget (bawa bobot 2,5 kilo dalam perut bo!). Alasan kedua karena entah kenapa saya selalu salah memasukan bumbu-bumbu.. kalo ngga kurang maka kelebihan. Satu kali keasinan, kali lain kemanisan, terus sering kali gosong, di satu waktu kurang matang, dan sebagaisebagaisebagainya.

Beberapa hari yang lalu, hari ulang tahun pernikahan saya dan suami yang Ke-2. Rencana saya sih sebenarnya pengen bikin kejutan. Entah itu kado (biasanya -walau ngga sering- saya lebih suka bikin sendiri, walau cuma sekedar kartu ucapan) atau makan malam istimewa dan mungkin dengan tambahan kuekue. Tapi yah ampuuun, ideide ketutyup sama malas dan itu tadi capai rangkap dua.

Jadi hari itu saya memutuskan untuk membuat kue saja. Kue manis yang resepnya saya contek dari program GulaGula di TransTV. Namanya Coklat Truffle Torte.

Bahan:

  1. Bolu coklat -bentuk lingkaran- (kalo malas menakar dan menyiapkan bahanbahan mendingan pake bubuk bolu instan yang banyak dijual dipasaran tinggal tambah telur, kocok mengocok, cetak, panggang.. rebes!)
  2. 500 gr Coklat masak (Dark Cooking Chocolate) yang sudah di tim
  3. 30 gr Mentega
  4. 500 ml Whiping Cream
  5. 200 ml Cream Non Dairy dan bubuk coklat

Cara membuat:

  1. Padatkan bolu coklat di loyang bulat bongkar pasang, sebelumnya taburi alas loyang dengan gula bubuk (ukuran bolu baiknya lebih besar sedikit dari pada loyangnya
  2. Lapisi dinding loyang (dinding loyang yang tersisa setelah dimasukkan bolu) dengan plastik, sebelumnya olesi dinding loyang dengan minyak goreng agar plastik mudah ditempel
  3. Aduk rata 1/2 bagian whiping Cream dengan coklat cair dan mentega yang sudah dilelehkan
  4. Tuang adonan ke 1/2 bagian whiping cream yang tersisa, aduk rata
  5. Masukkan ke dalam loyang yang sudah berisi bolu, ratakan
  6. Simpan dalam kulkas selama kurang lebih 8 jam
  7. Lepaskan dari loyang
  8. Hias dengan Krim coklat (cream non dairy diaduk rata dengan coklat bubuk) dan buahbuahan segar seperti strawberi, dan atau ceri, dan atau yang lainnya.

Waktu melihat di TV kok kelihatannya gampang dan hasilnya bagus banget tapi waktu saya membuat sendiri.. saya membutuhkan waktu 2 hari sampai jadi dan bisa dimakan. Kenapa? Karena 3 kali saya gagal membuat bolunya. Bantat! :p

Hasil akhirnya? Sama sekali ngga persis tuh .. he he. Tapi lumayanlah buat eksperimeneksperimenan. Seru dan kata suami saya (yang ngga begitu suka kue tart), ‘…mmmmmmmmmm nyam’ 🙂

Selamat Ulang Tahun Pernikahan yang Kedua, Mas. Terima kasih buat selalu mendukung dan membantu aku dalam setiap ‘karya’ yang aku buat. Terima kasih untuk membesarkan hati aku untuk setiap ‘kegagalan’ yang aku lakukan.

1 comment

Add yours

+ Leave a Comment

fifteen + eighteen =